Bocah Cewek Menginspirasi NASA, Begini Jadinya

Luciana Vega memegang Boneka Vega buatan NASA
Sumber :
  • NASA

VIVA – Sosok bocah putri, Luciana Vega diharapkan bisa menginspirasi generasi muda tertantang menjelajah ruang angkasa. Vega adalah gadis remaja yang memiliki cita-cita menjadi astronaut pertama menginjak 'tanah' Planet Merah. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Terinspirasi dari keinginan gadis berusia 11 tahun itu, Badan Luar Angkasa Amerika (NASA), kemudian menciptakan karakter Vega berupa boneka. NASA berharap, boneka Vega bisa menginspirasi anak-anak muda.

Bekerja sama dengan American Girl, anak perusahaan Mattel, NASA menciptakan boneka Vega dengan berbagai pakaian dan aksesori yang menunjukkan kecintaannya terhadap dunia antariksa, misalnya berpakaian seragam astronaut. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Vega merupakan keturunan Chili. Bocah ini punya mata cokelat, kulit yang tidak terlalu putih, dan rambut cokelat tua, dengan corak ungu yang khas. NASA menciptakan boneka Vega itu sesuai dengan karakter tubuh bocah tersebut. 

"Luciana adalah teladan bagi gadis-gadis masa kini, memberdayakan mereka untuk menentang stereotip, dan merangkul risiko yang akan mengajarkannya tentang kegagalan dan kesuksesan, saat mereka memetakan kehidupan mereka sendiri, apapun tujuannya," kata Presiden American Girl, Katy Dickson, dilansir Mirror, Selasa 2 Januari 2018.

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Selain membuat boneka, NASA juga bekerja sama dengan penerbit buku membuat cerita tentang Vega menjelajah ruang angkasa. Buku cerita Vega ditulis oleh Erin Teagan.

Untuk memastikan keakuratan cerita Vega dan lini produknya, American Girl menggandeng astronaut NASA Megan McArthur, mantan ilmuwan kepala NASA Ellen Stofan, Deborah Barnhart dari Pusat Antariksa dan Luar Angkasa AS, dan Manajer aliansi Strategis di NASA, Maureen O'Brien.

"Sangat penting untuk menemukan cara baru yang menarik untuk menginspirasi generasi penjelajah ruang generasi berikutnya," kata McArthur. 

Dia mengatakan, selalu mengidamkan bisa mendorong anak perempuan dan laki-laki mengejar impian mereka masing-masing.

“Tidak peduli seberapa besar, dan saya pikir ini membantu untuk menunjukkan bagaimana mimpi tersebut dapat menjadi kenyataan bagi anak-anak mana pun," jelas McArthur.

Dengan penciptaan boneka itu, NASA berharap generasi remaja tertarik untuk belajar tentang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM). Buku cerita dan boneka Vega sudah diperjualbelikan di pasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya