Ternyata, WhatsApp Belum Tamat di BlackBerry 10

Logo aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – WhatsApp sudah mengumumkan jauh-jauh hari, aplikasi mereka tamat beroperasi pada perangkat berbasis BlackBerry 10 memasuki 2018. 

Unik Banget, Istri Denny Sumargo Ngidam Strawberry Rp100 Ribu hingga Berlian

Namun, faktanya nyaris 24 jam setelah memasuki tahun baru 2018, WhatsApp masih berfungsi pada smartphone BlackBerry Passport maupun BlackBerry Z30. Dengan demikian, WhatsApp belum benar-benar tamat pada perangkat BlackBerry 10. 

Dalam keterangannya dikutip dari CrackBerry, Selasa 2 Januari 2018, WhatsApp akan bertahap mematikan layanannya pada perangkat BlackBerry 10. 

Wine, Minuman Kelas Atas jadi Tren Gaya Hidup

Aplikasi perpesanan milik Facebook itu menjelaskan, begitu melewati 31 Desember 2017, WhatsApp yang berjalan di BlackBerry 10 akan menjadi mode 'deprecation'. Pada tahap mode ini, WhatsApp masih bisa berfungsi untuk periode jangka pendek.

Pada mode ini, ada beberapa fungsi yang berubah. Misalnya pengguna BlackBerry 10, bakal tak bisa meregistrasikan kembali melalui aplikasi tersebut. 

Bisnis Baru BlackBerry

"Artinya, jika Anda menghapus dan memasang ulang pada ponsel yang lama atau ponsel baru, WhatsApp tidak akan memungkinkan Anda memverifikasi nomor ponsel Anda dan menyelesaikan proses verifikasi," jelas WhatsApp.

Mode 'deprecation' ini berlangsung selama dua pekan, artinya akan berakhir pada 14 Januari 2018.

Setelah periode penurunan fungsi pada mode 'deprecation' itu, maka WhatsApp akan menuju mode 'expired'. Pada tahap ini, WhatsApp akan berhenti berfungsi sebagai klien yang dapat digunakan dan dampaknya sebentar lagi akan terputus dengan server WhatsApp. 

Pada saat yang sama, server WhatsApp akan menghentikan upaya untuk koneksi. 

"Begitu mode ini berakhir, aplikasi klien BlackBerry 10 masih memungkinkan Anda untuk mengakses konten pesan yang ada pada ponsel Anda," jelas WhatsApp. 

WhatsApp menegaskan, walau ada kemungkinan mengakses pesan yang ada di ponsel, tetapi aplikasi milik Facebook itu tidak menjamin, semua pengguna BlackBerry 10 bisa melihat pesan tersebut. 

WhatsApp memberikan kabar buruk bagi pengguna smartphone BlackBerry dan Windows Phone. Aplikasi perpesanan milik Facebook itu menghentikan dukungan layanan mereka pada ponsel berbasis sistem operasi Windows Phone 8.0 dan BlackBerry OS, atau BlackBerry 10 per 31 Desember 2017. Alasannya, dua sistem operasi itu tidak populer untuk mengakomodasi fitur-fitur baru WhatsApp ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya