Tujuh Satelit Indonesia di Antariksa Segera Pensiun

Ilustrasi peluncuran satelit ke luar angkasa.
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Pemerintah mengantisipasi masa habisnya sejumlah satelit yang dimiliki Indonesia pada 2020. Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno, menegaskan ada tujuh satelit yang akan habis 'masa baktinya' dalam dua tahun mendatang.

Detik-detik Roket Space One Meledak di Udara Setelah 5 Detik Diluncurkan

"Kita bicarakan bagaimana menjaga kepentingan kita untuk Internet supaya lebih tersedia dan (menjangkau) semua. Itu (tujuh satelit) memang orbit (yang digunakan) Indonesia," kata Rini di Jakarta, Rabu 3 Januari 2018.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, menyampaikan bahwa penataan kembali satelit wajib dilakukan mengingat berkembangnya lingkungan, teknologi, hingga kepentingan penggunaannya.

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

Mantan Panglima ABRI tersebut juga mengatakan penggunaan satelit itu sendiri saat ini sudah menjadi hal yang tidak terelakkan oleh pemerintah.

Sebab, perkembangan zaman juga menuntut komunikasi cepat serta manfaat-manfaat lain yang hanya mungkin ada berkat teknologi satelit.

Peluncuran Satelit Merah Putih 2 Dilindungi Asuransi Jasindo, Simak Rinciannya

"Harus ada terobosan-terobosan baru (dalam pemanfaatan satelit) yang menguntungkan pemerintah dan menguntungkan pembangunan nasional," ujar Wiranto. (ren)

Gerhana matahari total dilihat dari luar angkasa

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Pada tanggal 8 April 2024 lalu, gerhana matahari total terjadi di berbagai wilayah di Amerika Utara. Fenomena alam ini tak hanya dinikmati di Bumi, namun juga diamati dar

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024