Command Center Beroperasi, Langkat Siap Jadi Smart City

Ilustrasi smart city.
Sumber :
  • businesstoday.net.my

VIVA – Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, akhirnya memiliki command center atau ruang kendali atau pusat komando untuk wilayahnya.

Percepatan Implementasi AI, Lintasarta Menjalin Kerjasama Strategis Kembangkan Solusi Industri 

Pusat komando yang dibangun oleh tangan para ahli di Lintasarta ini akan dijadikan dasar bagi Langkat untuk menerapkan kota pintar (smart city).

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Indra Salahudin, keterbukaan informasi publik dan pelayanan e-government oleh pemerintah merupakan hal yang tidak dapat ditunda-tunda lagi.

Jokowi Minta Bos Apple Bantu Pengembangan Smart City di IKN

Tujuan dari dibuatnya Langkat Command Center ini, kata dia, adalah untuk meningkatkan pelayanan Pemerintah Kabupaten Langkat, terutama dalam mempercepat proses penyelesaian keluhan masyarakat dan menjalankan proses administratif secara lebih efektif.

"Command Center ini akan menjadi platform terpusat untuk mengakses seluruh aplikasi pemerintah daerah, seperti e-Perizinan, e-Puskesmas, e-Planning, CCTV Monitoring, ditambahkan dengan aplikasi dari Lintasarta, yaitu e-Laga dan Media Analytics,” ungkapnya.

Lintasarta Perkuat Infrastruktur Jaringan Selama Puncak Mudik dan Lebaran 2024

Ia menambahkan, pembangunan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi smart city untuk menyukseskan program e-government di Indonesia.

Lintasarta memiliki solusi smart city komprehensif mulai dari penyediaan infrastruktur hingga platform berbasis cloud yang memungkinkan pemerintah daerah maupun kota untuk membuat, mengembangkan, melakukan uji coba, dan mengelola aplikasi tanpa perlu berinvestasi infrastruktur.

"Lintasarta siap terus melakukan inovasi digital dan peningkatan layanan untuk mendukung perwujudan smart city di Indonesia dengan teknologi dan sumber daya profesional," tutur Business Director Lintasarta, Alfi Asman, dalam keterangannya, Kamis, 4 Januari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya