Kirim Sel Kulit ke Amazon Wanita Bakal Hamil

Ilustrasi penelitian virus Hepatitis
Sumber :
  • www.pixabay.com/Prylaler

VIVA – Pada masa depan, ibu bisa hamil hanya dengan sel kulit saja. Pionir bayi tabung di Inggris, Stephen Hillier, mengatakan kemungkinan besar sel kulit bisa digunakan untuk melahirkan bayi ke depannya tanpa menggunakan sperma dan sel telur, tanpa organ reproduksi lagi. 

Olivia Alan Ungkap Sempat Keguguran 3 Kali, Kini Istri Denny Sumargo Akhirnya Hamil

Dalam sebuah sambutannya di Konferensi British Fertility Society belum lama ini, Hillier mengatakan terobosan sains bisa membuat mungkin sel kulit melahirkan bayi.

"Mungkin saja, Anda hanya perlu pasangan rambut dan memasukkan ke amplop dan dikirim ke Amazon. Dan Anda bisa mendapatkan embrio persiapan melalui kateter," kata dia dengan nada guyon dikutip dari Daily Mail, Senin 8 Januari 2018.

Bisakah Pasien Endometriosis Hamil Tanpa Program Bayi Tabung? Begini Kata Dokter

Tiga tahun lalu, peneliti dari Universitas Cambridge Inggris mengatakan, mereka bisa membuat bayi berasal dari sel kulit orang dewasa, yang memungkinkan bayi tersebut memiliki dua ayah atau ibu. 

"Pengetahuan dan penelitian di masa depan memungkinkan hal tersebut bisa terjadi," kata Hillier.

Pertama Dalam Sejarah! Badak Putih Utara Berhasil Hamil dengan Bayi Tabung

Hillier menuturkan, sebelumnya telah dilakukan penelitian pada binatang yang bisa membuat pembuahan dari seluruh sel pada tubuh binatang tersebut. Namun, ia mengatakan belum ada kepastian mengenai skenario penggunaan sel kulit untuk memiliki bayi, termasuk juga kapan bisa digunakannya. 

Seorang dokter kandung dari Rumah Sakit St. Mary di Manchester, Inggris, Raj Mathur, mendukung pendapat Hillier. 

"Membuat bayi dari sel kulit memang seperti pengetahuan fiksi, tapi dulu bayi tabung juga dikira pengetahuan fiksi juga. (Bayi dari sel kulit) bisa dilakukan suatu hari nanti," kata Mathur.

Laporan: Novina Putri Bestari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya