Misteri Struktur Kuno Miniatur Alam Semesta

Situs kolam kuno di Nahualac
Sumber :
  • www.inah.gob.mx

VIVA – Arkeolog dari National Institute of Anthropology and History menemukan struktur bebatuan yang diperkirakan berumur 1.000 tahun di kaki Gunung Iztaccihuatl, dekat Mexico City, Meksiko. Situs tersebut bernama Nahualac dan telah diketahui masyarakat sekitar sejak abad ke-16.

Mengejutkan! 5 Temuan Arkeologi yang Mengubah Sejarah Dunia

Struktur batuan diperkirakan berasal dari Mesoamerika kuno. Batuan tersebut ditemukan di tengah danau dengan ukuran 115 x 98 meter. Arkeolog yang menemukan percaya bahwa struktur batuan itu adalah miniatur dari alam semesta.

Selain itu, mereka juga menemukan pisau obsidian, pecahan keramik, dan arang di situs tersebut. Ada pula bukti masyarakat Mesoamerika kuno mulai mengairi kolam untuk terus tetap terisi penuh, walau sudah bertahun-tahun lamanya punya curah hujan kecil.

Bukan Piramida, Ini Struktur Buatan Manusia Paling Tua

Situs Nahualac menggambarkan mitos Mesoamerika kuno mengenai penciptaan bumi. Dalam mitos tersebut, monster buaya Cipactli keluar dari perairan purba dan menjadi bumi, langit, dan seisinya. 

Penggalian di situs Nahualac

Misteri, Ini 7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Seluruh Dunia
Arkeolog menggali situs Nahualac 

Pada abad 16 seorang penulis bernama Juan Bautista Pomar menuliskan, terkadang situs tersebut menggunakan untuk ritual penyembahan anak kepada dewa hujan di Mesoamerika, satu kali dalam setahun. 

Tapi, sampai saat ini belum ada manusia yang ditemukan di situs Nahualac ini.

Situs kolam kuno di Nahualac, terletak di kaki Gunung IztaccihuatlKaki Gunung Iztaccihuatl, lokasi situs Nahualac

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya