Ular Purba Ini Panjangnya Setara Bus Sekolah

Model ular purba raksasa Titanoboa cerrejonensis
Sumber :
  • www.smithsonianmag.com/Robert Clark

VIVA – Apa yang akan Anda lakukan, jika bertemu ular sepanjang 14,6 meter, atau sepanjang bus sekolah? Ular sepanjang ini ditemukan di pertambangan batu bara terbuka terbesar di dunia yakni, Cerrejon, La Guarija, Kolombia.

Jejak Buaya Purba Berusia 110 Juta Tahun Ditemukan di Korea Selatan

Namun tenang, ular ini tidak ditemukan dalam keadaan hidup, tetapi sudah memfosil. Fosil ular itu berusia 60 juta tahun yang lalu. 

Ular ini dinamai Titanoboa cerrejonensis. Titanoboa menjadi fosil ular terbesar yang pernah ditemukan sampai saat ini.  

Ditemukan Dinosaurus Mini, Ukurannya Cuma 2 Inchi

Dilansir Washington Post, Senin 8 Januari 2018, ular ini diperkirakan memiliki berat lebih dari satu ton, atau 1.133 kilogram. Penemuan Titanoboa ini juga merekam jejak hutan hujan yang ada pada periode Paleocene. Periode ini merupakan periode awal dinosaurus punah. 

Titanoboa tidak membunuh dengan menggigit, atau mengeluarkan bisanya untuk membunuh mangsanya. Namun, ular jenis ini membunuh dengan menghancurkan tubuh mangsanya hingga mati. 

Peneliti: Punahnya Dinosaurus Bukan Akibat Gunung Meletus dan Asteroid

Ukuran tulang belakang Titanoboa cerrejonensis (kiri) dengan anaconda (kanan)

Sekarang, model ular purba itu dipamerkan di Museum Monte L.Bean Life di Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat. Pada museum itu memperlihatkan model Titanoboa dalam bentuk sebenarnya yang sedang memangsa setengah badan buaya. 

Selain Titanoboa, museum ini juga menyediakan beberapa model ular-ular kecil dan kulit ular modern, serta kulit ular kuno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya