Video 360 Derajat 'Jantungnya' Galaksi Bima Sakti

Visualisasi pusat Bima Sakti
Sumber :
  • Dokumen NASA

VIVA – Jarak antara bumi menuju pusat atau jantung Galaksi Bima Sakti, yang berjarak 26 ribu tahun cahaya, menyebabkan manusia tidak bisa sampai ke sana. Namun Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA memvisualisasikan jantung Bima Sakti dengan menggunakan data dari teleskop super. NASA menyajikan jantung Bima Sakti melalui video. 

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Menurut rilis dari situs NASA, Kamis 11 Januari 2018, visualisasi pusat Bima Sakti itu tersebut berasal dari data observatorium Chandra X-ray milik NASA dan beberapa teleskop lainnya. 

NASA merilis dua video. Pada kedua video itu, manusia bisa melihat bintang-bintang, gumpalan benda-benda luar angkasa, serta beberapa kejadian luar angkasa tersebut. Ada pula 30 bintang raksasa Wolf-Rayet yang berjarak 1,5 tahun cahaya dari pusat Bim Sakti ini.

Sampah China Diburu Amerika

Video berdurasi 1 menit 51 detik itu disajikan dalam sudut pandang 360 derajat, bisa disaksikan melalui virtual reality (VR) di beberapa gadget. Sedangkan video kedua berdurasi tiga menit. Kedua video tersebut dapat ditonton pada saluran YouTube milik Observatorium Chandra X-ray: Chandra X-ray Observatory. 

Rusia-Amerika Memanas, NASA dan Roscosmos Ogah Ikut-ikutan

(ren)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS 'International Space Station' adalah proyek konstruksi multi negara yang merupakan struktur tunggal.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022