VIDEO: Bitcoin Seperti Jin, Tak Berbentuk

Bitcoin dan mata uang lainnya dibangun di atas teknologi bernama Blockchain.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MichaelWuensch

VIVA – Pakar mualamat kontemporer, Ustaz Erwandi Tarmizi menyebut mata uang digital Bitcoin bukanlah berbentuk barang melainkan kode digital.

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

Dengan begitu haram untuk dipakai di Indonesia. Bahkan, Ustaz Erwandi menyamakan Bitcoin seperti jin alias tidak ada bentuknya.

"Ulama dunia dan Bank Indonesia sudah mengharamkan Bitcoin sebelum saya membuat fatwa tersebut. Kalau Bitcoin dibilang aset artinya berbentuk barang. Apakah Bitcoin itu berbentuk barang? Bukan. Dia Kode digital. Nah, kode digital itu jin. Tak ada bentuknya. Bolehkah jual beli jin?" kata Ustaz Erwandi, dalam rekaman video di YouTube dikutip Kamis 18 Januari 2018.

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

Ia melanjutkan kalau Bitcoin juga tidak bisa dimasukkan ke dalam aset digital dan disamakan dengan website atau situs. Sebab, website bisa dipakai untuk transaksi jual beli barang dan ada hasilnya. Sementara Bitcoin tidak sama sekali.

"Aset digital itu kan banyak. Website bisa dikatakan aset. Tidak bisa dipegang tapi bisa dilihat. Apakah Bitcoin bisa dilihat? Kalau bisa di mana lihatnya? Berbentuk apa dia? Jadi tidak bisa disamakan," ucapnya.

Ruko di Medan Jadi Lokasi Tambang Bitcoin, Curi Listrik hingga Rp 14,4 Miliar
Cryptocurrency.

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dunia cryptocurrency semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan peluang menarik bagi investor untuk mendapatkan keuntungan. Namun, seperti halnya investasi

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024