Hati-hati, Hacker Intai Akun Pemain Game Online

Ilustrasi hacker.
Sumber :

VIVA – Game online bergerak dengan cepat dan menjadi industri yang sangat menguntungkan. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya orang yang memiliki akun game online.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan antivirus Kaspersky Lab, lebih dari setengah responden atau 53 persen secara teratur bermain game online. Angka ini meningkat 64 persen untuk usia 25-34 tahun dan 67 persen untuk mereka yang berusia 16-24 tahun.

Meski begitu, industri ini juga berpotensi menguntungkan bagi penjahat siber, karena akun game online bisa diretas dan dijual di pasar gelap.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Terlepas dari ancaman tersebut, para gamer sering membiarkan akun game online mereka berada di posisi yang rentan terhadap upaya peretasan.

Saat ini pengguna game online global seperti platform online popular Steam, PlayStation Network dan Xbox Live, diperkirakan berjumlah antara 2,2 hingga 2,6 miliar dan masih akan terus bertambah.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Fakta ini yang menjadikan industri game online menjadi target yang sangat menguntungkan bagi penjahat siber untuk mengganggu operasional game online dan mendapatkan akses ke data-data pengguna seperti informasi password dan kartu bank, yang ditunjukkan dengan jelas oleh serangan yang baru-baru ini terjadi pada platform Xbox dan PlayStation.

Head of Consumer Business Kaspersky Lab., Andrei Mochola mengatakan, saat ini data-data pribadi yang tersedia secara online menjadi harta karun terbesar bagi penjahat siber.

Hal ini juga memberikan mereka lebih banyak peluang daripada sebelumnya untuk mencuri data-data pribadi untuk dijual di pasar gelap digital.

Oleh karena itu, Andrei melanjutkan, untuk membantu melindungi akun dari gamer online, Kaspersky Lab di beberapa solusi perusahaan menyertakan password manager untuk membantu pengguna menjaga agar informasinya tetap aman, seperti fitur Kaspersky Password Manager di solusi Kaspersky Total Security.

Fitur ini menyimpan semua kata sandi pengguna di brankas digital yang aman dan menyediakan akses mudah ke PC, Mac dan smartphone.

Generator kata kunci secara otomatis melakukan kerja keras bagi pengguna dengan membuat kata kunci yang kuat dan tangguh.

Sementara, pengguna hanya perlu mengingat satu password utama untuk mengakses semua akun online mereka sehingga jauh lebih mudah diingat dibandingkan harus mengingat beberapa password.

"Bagi sebagian orang game online adalah kebutuhan utama. Kami mengingatkan untuk selalu memakai fitur keamanan agar perangkat selalu aman dan terhindar dari incaran peretas," ungkap dia, dalam keterangannya, Selasa, 23 Januari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya