Ada Youtube dan Layanan Streaming, Apa Kabar Televisi?

Akses YouTube - video internet.
Sumber :
  • REUTERS/Kham

VIVA – Era digital seperti saat ini, memang telah memberikan banyak kemudahan pada masyarakat. Termasuk dalam urusan menonton tayangan hiburan, baik film atau pun serial.

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

Terlebih juga sekarang semakin banyak penyedia layanan streaming  dan media sosial yang menampilkan berbagai macam konten hiburan yang cukup digandrungi kaum muda. Soal jumlah dan jenis tayangan yang ditampilkan tidak perlu ditanyakan lagi. Baik layanan streaming atau pun media sosial seperti Youtube saat ini memiliki setidaknya sekitar 10.000 konten tontonan yang bisa diakses kapanpun dimanapun.  

Tentu ini memberikan banyak pilihan pada masyarakat dalam hal menikmati konten tontonan yang mereka inginkan. Lalu, bagaimana dengan nasib televisi saat ini? Bagaimana dengan program-program hiburan yang ditayangkan oleh stasiun televisi lokal? Siapa saja pemirsa mereka?

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Semua pertanyaan diatas, mungkin tidak akan terjawab tuntas dalam artikel ini.

Namun, tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulas seperti apa perkembangan platform digital dan media sosial saat ini serta bagaimana pengaruhnya bagi media konvensional seperti televisi.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Pertumbuhan angka viewership Youtube

Di awal tahun lalu, Youtube mengumumkan bahwa para penggunanya di seluruh dunia menghabiskan 1 miliar jam setiap hari untuk menonton video. Meski masih terpaut jauh dibandingkan TV yang disaksikan selama 1,25 miliar jam di wilayah Amerika Serikat, namun menurut data Nielsen di periode yang sama seperti dilansir CNBC, angka viewership Youtube itu sudah meningkat hingga 10 kali lipat dibandingkan lima tahun sebelumnya pada 2012. Durasi waktu menonton di Youtube juga cenderung terus meningkat, sementara TV sebaliknya.

Menonton siaran televisi sekarang bisa secara streaming

Istilah “menonton televisi” biasanya diasosiasikan dengan praktik duduk manis sambil memegang remot. Jika ada tayangan tertentu yang diminati, kita akan menunggu jam tayang tertentu pula. Kini, perkembangan teknologi komunikasi membuat pemahaman tradisional tersebut harus digeser. Saat ini, orang memposisikan televisi sama seperti buku, bisa dibuka atau dibaca kapan saja di mana saja.  

Menurut Ishadi SK, Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), menonton siaran televisi secara streaming memang menjadi pilihan bagi kaum muda.

“Empat puluh persen anak muda tidak menonton siaran televisi melalui televisi fisik, tapi melalui gawai mereka,” jelasnya.

Menonton televisi tanpa iklan

Pengalaman Netflix bisa dijadikan contoh untuk melihat bagaimana perubahan pemaknaan terhadap televisi – dari mulai model bisnis, isi siaran televisi, sampai perilaku warga menonton televisi – bisa demikian dramatis.

Tahun 2007, Netflix mulai menjalankan model layanan streaming. Tayangan televisi atau film yang bekerja sama dengannya bisa diakses langsung dari komputer personal. Michael Wolff, penulis buku Television is the New Television: The Unexpected Triumph of Old Media in Digital Age (2015) menyebut bahwa Netflix merupakan pembunuh televisi tradisional.

Salah satu yang membuatnya unggul dari televisi konvensional adalah tidak adanya iklan yang mengganggu ketika pemirsa sedang menyaksikan tayangan tertentu. Pendapatan yang dihasilkan mereka peroleh dari biaya berlangganan penonton. Hal inilah yang menjadikan Netflix juga memunculkan model bisnis baru di industri penyiaran.

Hal ini juga yang dilakukan oleh VIVA sebagai media online yang terus bertumbuh di era digital. Sebagai salah satu platform digital yang menyediakan berbagai macam konten berita dan hiburan, VIVA menyediakan kemudahan untuk mengakses siaran televisi dari tvOne dan ANTV secara streaming yang bisa dinikmati oleh pembacanya.

Para pembaca VIVA dapat menikmati program-program siaran televisi dari tvOne atau akses eksklusif ke program-program unggulan ANTV untuk menikmati tontonan favorit kapanpun dimanapun tanpa iklan.

Anda bisa merasakan pengalaman baru menonton program sinetron unggulan ANTV, seperti Jodoh Wasiat Bapak, Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten, Cantik-cantik Kucing Dapur, atau Tuyul & Mba Yul secara eksklusif dengan mengunduh aplikasi VIVA di ponsel Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya