Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Perpanjang Umur

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA – Para periset dari Institut Karolinska, Swedia, menyebut jika mengerjakan pekerjaan rumah, baik ringan, sedang maupun berat, bisa memperpanjang umur.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Sebab, aktivitas seperti berjalan kaki, membersihkan rumah atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya dalam waktu 30 menit bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler atau gangguan jantung.

Seperti dilansir Tech Times, Selasa, 30 Januari 2018, para ilmuwan telah melakukan studi selama 15 tahun terhadap ratusan koresponden, di mana terdapat 851 pria dan wanita asal Swedia yang mereka teliti.

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

"Dari 851 koresponden, 24 meninggal dunia karena penyakit kardiovaskuler, 27 karena kanker, dan 28 disebabkan hal yang lain," ungkap Maria Hagströmer, salah satu peneliti Karolinska.

Sementara itu, ia melanjutkan, koresponden yang mengganti waktu diam selama 30 menit sehari dengan aktivitas fisik ringan seperti pekerjaan rumah tangga, berjalan kaki, ini bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler sebesar 24 persen.

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

Kemudian, koresponden yang menggantikan waktu duduk dengan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 10 menit sehari memangkas risiko kematian kardiovaskuler sebesar 33 persen.

"Lalu, ditambah lagi waktunya menjadi 30 menit ternyata bisa memangkas risiko kematian hingga 77 persen," tuturnya. (one)

Ilustrasi membersihkan rumah.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Terlebih polusi udara juga berbahaya bagi sistem pernapasan kita. Berikut tiga tips and trick menjaga udara di dalam rumah.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021