Bingung Bikin Bisnis Online, Jangan Lupa Nomor 3

Ilustrasi e-commerce
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA – Menjual produk secara online membutuhkan pemikiran yang matang, terutama saat ini, dalam tren penjualan e-commerce terus berkembang dari tahun ke tahun.
 
Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam membangun dan menjalankan toko online, maka dari itu Anda harus meluangkan waktu dan membuat rencana bisnis yang matang terlebih dahulu. 

5 Tips Bisnis, Memulai Usaha Rumahan Modal Kecil di 2023

Setelah menentukan produk, harga, target pemirsa, kebijakan toko, dan berbagai peraturan hukum, barulah Anda bisa fokus ke hal-hal seperti di bawah ini dikutip dari Verisgn, Jumat 9 Februari 2018:
 
Pilih nama domain

Nama domain yang mudah diingat untuk toko e-commerce Anda sangat penting, jadi pilihlah dengan tepat dan cermat. Mendaftarkan nama domain memberi Anda kendali atas merek Anda, terlepas dari apakah Anda menggunakannya sebagai alamat web untuk situs web Anda sendiri atau sebagai alamat web yang mengarah ke solusi e-commerce yang ada seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee.

Tips Kelola Bisnis Fesyen di Era Pandemi

Sebuah nama domain juga memberi Anda fleksibilitas untuk berganti solusi e-commerce seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, sambil tetap memudahkan pelanggan menemukan Anda tanpa gangguan.
 
Platform pembayaran

Platform penerimaan pembayaran di toko e-commerce akan membantu Anda menentukan kehadiran web apa yang paling sesuai untuk Anda. Pelanggan online lebih memilih untuk membayar dengan kartu kredit, banyak solusi e-commerce yang ada, seperti Zalora, menyederhanakan pengalaman ini karena fungsinya sudah tersedia atau built-in.

Potensi Ekonomi Digital RI US$133 Miliar, Peluang Bisnis Saat Pandemi

Jika memilih untuk membuat situs sendiri, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk membuat akun pedagang atau merchant, untuk mengambil dan memproses uang ke rekening bisnis Anda.

Hubungi bank Anda, atau bekerja sama dengan penyedia layanan pembayaran atau gerbang pembayaran (payment gateway). Pilihan lain yang perlu dipertimbangkan adalah sebuah antarmuka dengan layanan pembayaran pihak ketiga, seperti PayPal.
 
Pilih solusi e-commerce yang tepat

Ada dua jenis solusi online yang tersedia, solusi sederhana dan solusi yang lebih kompleks sebagai berikut:
 
Sederhana: Anda menjual satu jenis produk dan hanya membutuhkan sebuah jalur pembayaran, seperti tombol ‘Buy Now’ di Paypal

Hosted: Jika Anda memerlukan lebih dari satu tombol pembayaran tapi tidak punya waktu, uang, atau bandwidth untuk menginstal perangkat lunak e-commerce, Anda dapat memanfaatkan solusi yang ditawarkan penyedia hosting. Penyedia hosting seperti aCommerce memungkinkan Anda membuat toko dan meng-hosting-nya di server mereka dengan biaya bulanan.

Alternatif lainnya, bisa menciptakan kehadiran online menggunakan pasar online yang sudah ada seperti Lazada, Amazon, atau eBay. Dengan solusi ini, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti persiapan yang cepat dan mudah, tersedianya basis pelanggan potensial di dalam platform, dan ini adalah cara yang bagus untuk memulai kehadiran online dengan komitmen dan anggaran yang rendah.

Lakukan sendiri: Untuk keranjang belanja yang lebih tangguh ada banyak produk komersiil (off-the-shelf atau barang jadi yang memerlukan lisensi) serta produk open source, seperti Opencart, yang dapat dipilih. Saat menilai produk apa pun, tentukan apakah itu mendukung metode pembayaran yang Anda inginkan, jenis dukungan dan bantuan apa yang tersedia bagi Anda setelah membeli, dan seberapa sering produk diperbaharui.
 
Deskripsi produk dan gambar resolusi tinggi

Pelanggan Anda tidak bisa melihat langsung, menyentuh, atau mencoba produk Anda, oleh karena itu Anda harus menulis deskripsi dari setiap barang yang Anda jual. Penting untuk menyediakan informasi sebanyak mungkin, seperti bobot dan ukuran, beserta gambar beresolusi tinggi.
 
Buat sertifikat SSL

Pelanggan online menginginkan keamanan saat berhubungan dengan situs web. Sertifikat Secure Socket Layer (SSL) dapat memberikan keamanan dengan mengenkripsi bagian situs web Anda yang mengandung informasi pribadi, seperti rincian kartu kredit dan informasi pelanggan. Memiliki sertifikat SSL tidak hanya membuat pelanggan aman dari peretas dan pencuri identitas, namun juga memberikan kredibilitas untuk bisnis Anda.
 
Ini hanya beberapa hal penting yang harus diselesaikan untuk menyiapkan situs Anda. Jadi, teliti semua pilihan untuk memastikan apakah pilihan tersebut memenuhi tujuan rencana bisnis Anda. Pada akhirnya, semakin banyak waktu yang dihabiskan dalam tahapan persiapan, semakin cepat akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan saat online.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya