NASA Kategorikan Mobil Tesla 'Obyek Bergerak Dekat Bumi'

Starman di belakang kemudi mobil Tesla Roadster
Sumber :
  • Instagram/@elonmusk

VIVA – Setelah sukses dengan peluncuran mobil sport Tesla Roadster dan Starman keluar angkasa, pada Selasa, 6 Februari 2018, kini, tugas Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA bertambah, yaitu mengamati mobil listrik buatan SpaceX.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Mengutip situs Financial Express, Senin, 12 Februari 2018, Tesla Roadster masuk ke dalam daftar pantauan NASA bersama delapan planet - berkurang satu karena Pluto dikeluarkan dari kategori planet, 755 ribu asteroid dan 3.500 komet.

Juru Bicara NASA, Dwayne Brown mengatakan, pihaknya tidak mau ambil risiko untuk tidak memantau secara detail mobil dan sopir milik CEO SpaceX, Elon Musk.

Bernard Arnault, Orang Terkaya di Bumi Tahun 2024 dan Berhasil Geser Posisi Elon Musk

Mobil listrik Tesla Red Roadster dengan latar belakang Bumi

Menurut Brown, pihaknya telah mengumpulkan data dari SpaceX terkait dengan Tesla Roadster. Karena berdasarkan data tersebut, mereka memperkirakan bahwa mobil listrik ini akan tetap lebih dekat ke Matahari, dengan titik terjauh yang dapat dicapai yaitu pada kisaran 250 juta kilometer dari pusat tata surya.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

"Ini seperti jarak rata-rata antara Bumi dengan Planet Mars. Kami sangat butuh (Tesla Roadster) dalam katalog objek pengamatan kami. Ini tujuannya agar kami tidak bingung sehingga tidak menganggapnya bagian dari asteroid," papar dia.

Brown menambahkan kalau NASA melabeli Tesla Roadster sebagai Near-Earth Object atau obyek bergerak bebas di jarak terdekat dengan Bumi pada November 2018. Lalu, pada September 2019, Tesla Roadster akan menyelesaikan satu putaran penuh untuk pertama kalinya terhadap Matahari.

Brown memperkirakan, Tesla Roadster dapat melengkapi satu orbit penuhnya terhadap pusat tata surya tersebut setiap 19 bulan atau sekitar 1,58 kali lebih lama dari Bumi.

Ia pun menyebut tidak perlu khawatir karena kemungkinan mobil listrik ini bertabrakan dengan planet ini sangat kecil, setidaknya dalam waktu dekat.

Di samping itu, para ahli astronomi memperkirakan bahwa Tesla Roadster akan semakin menjauhi Bumi pekan depan, hingga teleskop pun tidak dapat melacak.

Mobil listrik Tesla Roaster milik Elon Musk yang kini mengorbit bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya