Hati-hati Terima Teks India, iPhone Langsung Eror

Peluncuran iPhone 8 di AS
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA – Jika Anda pengguna Apple dan menerima teks berupa karakter dalam Bahasa India, Telugu, sebaiknya berhati-hati. Sebab, karakter Telugu itu adalah celah keamanan dan jika  karakter itu diterima, maka perangkat akan rusak. 

Wanita Cantik Ini Mengaku Dirampok dan Disekap, Ternyata Iphone dan Perhiasannya Digadaikan

Dikutip dari The Verge, Jumat 16 Februari 2018, celah keamanan itu termasuk baru dan ditemukan pada iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 11. Selain iPhone menjadi eror, celah keamanan itu akan memblokir akses pengguna terhadap aplikasi perpesanan seperti iMessange, WhatsApp, Facebook Messenger, Outlook untuk iOS hingga Gmail.

Sejauh ini aplikasi Telegram maupun Skype tidak terdampak dengan karakter Telugu tersebut. Versi beta dari iOS 11.3 juga tak terdampak. 

Apple Izinkan iPhone Diperbaiki Pakai Suku Cadang Asli tapi Bekas

Juru bicara Apple mengatakan, perusahaan berencana untuk memperbaiki celah keamanan ini dalam pembaharuan iOS sebelum meriis iOS 11.3. Produsen iPhone itu juga sedang memperbaiki celah keamanan itu pada macOS High Sierra, watchOS 4 dan tvOS 11. Celah keamanan itu pertama kali ditemukan oleh penulis blog dari Italia, Mobile World. 

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Celah keamanan ini mengirim karakter Telugu ke perangkat dan Springboard iOS Apple akan rusak seketika begitu pesan Telugu diterima. Selanjutnya, celah keamanan itu akan berdampak pada aplikasi perpesanan.   

Dikutip dari Reuters, Apple menjelaskan, versi lama dari sistem operasi Apple tidak terdampak dengan karakter Telugu. Apple menegaskan, mereka telah memperbaiki masalah ini pada versi beta sistem operasi mereka. (mus)

Logo Apple.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Apple has announced an upcoming enhancement to existing repair processes that will enable customers and independent repair providers to utilize used Apple parts in repair

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024