Apple Watch Selamatkan Nyawa Ibu dan Anak

Apple Watch.
Sumber :
  • REUTERS/Robert Galbraith

VIVA – Seorang wanita bernama Kacie Anderson harus berterima kasih kepada perangkat Apple Watch yang dikenakannya. Sebab, berkat perangkat tersebut, ia dan anak laki-lakinya yang baru berusia 9 bulan terhindar dari kematian.

Apple Watch 10 Dibekali Fitur Pengukur Tekanan Darah

Mengutip situs Ubergizmo, Senin, 19 Februari 2018, terselamatkannya ibu dan anak itu saat kecelakaan mobil akibat ditabrak pengemudi mabuk di Amerika Serikat ini berkat adanya fitur darurat SOS di Apple Watch.

Menurut sebuah laporan, sesaat sebelum kecelakaan, Anderson bersama bayinya tengah di dalam mobil dan sedang berhenti di lampu merah. Tiba-tiba, sebuah mobil dengan kecepatan cukup tinggi oleng dan menabrak mobilnya.

Fossil Hengkang dari Bisnis Smartwatch

Anderson mencoba meraih telepon genggamnya untuk menghubungi nomor telepon darurat 911 setelah tabrakan terjadi. Namun, ia tidak dapat meraih ponselnya.

Ia kemudian menyadari bahwa dirinya memakai Apple Watch dan langsung menekan fitur darurat SOS yang tersambung dengan 911. "Saat dia menabrak kami, semua yang ada di dalam mobil beterbangan. Wajahku sempat mencium roda kemudi lalu mengenai jendela mobil," kata dia, bercerita.

The United States Ban on Latest Apple Watch Sales

"Saya lalu pingsan sekitar satu menit dan tidak bisa melihat. Ketika membuka mata semuanya warnanya hitam. Saya mencoba meraih ponsel tapi tidak bisa. Lalu, sadar bahwa saya memakai arloji (Apple Watch) dan memerintahkannya (menekan fitur darurat SOS) untuk menelepon 911," ujar Anderson, melanjutkan.

Meski mengalami luka-luka, ia dan putranya lolos dari maut. Kecelakaan ini hanya menyebabkan beberapa luka memar dan goresan di tubuh anaknya. Sementara luka Anderson cukup parah dan saat ini sedang menjalani pengobatan di rumah sakit setempat.

Apple menambahkan fitur darurat SOS ke Apple Watch dalam update software watchOS 3 pada 2016. Di Amerika Serikat, menekan tombol samping pada Apple Watch selama beberapa detik dengan panggilan 911 dan mengirim teks ke kontak darurat Anda dengan mengatakan bahwa Anda memerlukan bantuan.

Fitur darurat SOS juga mengirimkan lokasi Anda saat ini termasuk update dari waktu ke waktu saat diaktifkan. Sementara di luar AS, fitur ini juga berfungsi dengan layanan darurat lainnya.

Fitur ini bergantung pada iPhone terdekat untuk Apple Watches tanpa sambungan seluler, namun iPhone Anda hanya perlu berada dalam jangkauan dan tidak di tangan. Apple Watch Series 3 dengan ponsel built-in dapat menggunakan SOS tanpa iPhone terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya