5 Langkah Agar Pasangan Kamu Tak Kecanduan ML Lagi

Seorang anak asyik bermain game di gadget. (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Bukan rahasia lagi jika permainan Mobile Legend selalu membuat pasangan berantem, bahkan sampai putus atau bercerai. Kecanduan game tersebut bisa dalam tahap akut, alias tidak lagi bisa diganggu dengan apapun.

Apa Saja Fungsi Diamond ML? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

Dalam dunia kedokteran, perilaku kompulsif seperti yang terjadi pada orang yang kebanyakan main game, bisa termasuk sebagai gejala kecanduan. Jadi hal ini bukanlah penyakit, hanyalah sebuah kebiasaan yang bisa diubah dengan beberapa cara.

Sebenarnya ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kecanduan tersebut. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini agar pasangan kamu terlepas dari jerat dan hipnotis Mobile Legend.

Juara Persija Esports Championship Qualifier 1 Jakarta

Game Mobile Legends.

1. Batasi penggunaan wifi
Jika dia menumpang modem wifi milik kamu, ganti password untuk akses masuk sehingga dia tak bisa login otomatis dan mengambil kuota data kamu. Namun jika dia memiliki kuota sendiri, gilliran kamu yang meminjam wifi atau hotspot miliknya. Gunakan hotspot itu untuk mengakses Youtube di smartphone kamu agar penggunaan data berat dan permainan Mobile Legendnya selalu nge-lag.

Persija Esports Championship Digelar di Bandung dan Jabodetabek

2. Ajak lakukan kegiatan lain
Jika dia sudah gelisah melirik smartphone di depannya, alihkan perhatiannya. Ajak dia melakukan kegiatan lain, misalnya main game klasik yang melibatkan kalian berdua atau beramai-ramai, seperti catur, ular naga, monopoli, dan lainnya. Tapi permainan asli ya, jangan pakai aplikasi lagi. Gunakan permainan yang masih menggunakan dadu dan cardboard.

3. Clear Cache lalu Hapus Game
Sesekali buka smartphone miliknya, masuk ke pengaturan dan aplikasi. Cari game Mobile Legend, lalu klik Clear Cache. Semua data akan terhapus. Jika ingin lebih ekstrim, setelah Clear Cache, hapus aplikasi game Mobile Legend. Setidaknya, kamu bakal punya waktu berduaan selama beberapa jam, sebelum dia mendownload dan men-setting ulang game tersebut di smartphone-nya.

4. Pilih kamu atau ML
Nah, kalau sudah kecanduan banget, bisa saja mengultimatum pasangan kamu. Paksa dia untuk memilih antara kamu atau game yang sedang dia gandrungi itu. Jika dia lebih memilih game itu, kamu ga usah menyesal karena ternyata memang dia tidak sayang kamu. Masa' kamu mau diduakan oleh game yang karakternya aja ga ada di dunia nyata.

5. Selalu genggam tangannya  
Saat sedang berduaan, jangan kasih kesempatan dia untuk memegang smartphone. Genggam terus salah satu tangannya agar dia susah bermain game dengan satu tangan. Biasanya, kalo bermain game di smartphone pasti butuh kedua tangan. Makanya, genggam terus tangannya, kecuali kalau dia mau ke toilet. 

Intinya, yang penting kamu harus punya niat kuat untuk menolak diduakan dengan game dalam smartphone. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya