Garam Punya Dosis, Ada Takarannya

Pembuatan garam gandu tradisional di Kampung Cisayong, Tasikmalaya
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Berapa banyak garam yang sebenarnya dibutuhkan agar tubuh sehat? Pertanyaan sederhana ini muncul untuk menjelaskan fungsi garam bagi tubuh manusia.

8 Manfaat Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan!

Guru Besar Kesehatan Masyarakat dari Universitas Tulane, Amerika Serikat, Paul Whelton menjawab kalau tubuh manusia membutuhkan 1.500 mg per hari asupan garam di dalam tubuhnya.

Ia menjelaskan bahwa garam mengandung sodium yang di dalam terdapat zat elektrolit ekstraselular yang berperan penting menjaga fungsi organ dan kesehatan tubuh.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Menurutnya, elektrolit adalah zat yang larut di dalam air untuk menciptakan ion positif dan bermuatan negatif yang mengalirkan listrik.

"Keseimbangan yang tepat dari muatan di dalam dan di luar sel tubuh ini sangat penting untuk mengatur banyak fungsi tubuh, termasuk hidrasi, tekanan darah, dan berfungsinya saraf serta otot dengan tepat," ungkapnya seperti dikutip Live Science, Senin, 26 Februari 2018.

10 Manfaat Minyak Kelapa yang Sering Dianggap Remeh, Singkirkan Lemak Membandel

Meski begitu, ia memandang kalau mayoritas warga Amerika Serikat mengonsumsi terlalu banyak garam, yaitu 3.400 mg.

Oleh karena itu, dikeluarkanlah pedoman diet resmi pemerintah federal, di mana rata-rata orang dewasa di AS harus mengonsumsi maksimal 2.300 mg setiap hari.

"Pedoman diet ini dikeluarkan karena banyak penyakit yang dikaitkan dengan hipertensi (tekanan darah tinggi), yang bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke," papar Whelton.

Meski demikian, ada sejumlah manfaat garam untuk kesehatan dan kecantikan, di antaranya detoks kulit, masker wajah, deodoran, toner, dan mengatasi jerawat yang bengkak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya