Curhat Pendiri Zyrex Borong Laptop dari Singapura

Demmy Indranugroho (Head of Marketing JD.ID), Timothy Siddik (Founder of Zyrex).
Sumber :
  • Dok. JD.ID

VIVA – Perusahaan teknologi lokal Zyrex mengaku pernah jualan laptop yang harganya jauh lebih murah dari harga di Singapura. Hal ini diungkapkan CEO Zyrex Timothy Siddik.

250 Laptop Baru akan Pakai Intel Core Generasi 12

"Dulu, saya pergi IT Center di Singapura untuk memborong laptop di salah satu toko komputer di sana. Lalu, barangnya saya impor ke Indonesia dan dijual kembali. Tetap dapat cuan (untung) lho," kata dia di Jakarta, Rabu, 28 Februari 2018.

Kemudian, untuk era sekarang, Timothy menilai dunia sudah tanpa ada batas. Ia berani mengklaim jika produk terbaru Zyrex Sky 232 Xtreme yang dijual saat ini harganya jauh lebih murah kalau dibadingkan dengan produk dan spesifikasi yang sama di dunia.

Mau Jadi SDM Berkualitas, Rajinlah Membaca

"Saya berani bilang kalau produk saya ini masih jauh lebih murah," paparnya. Sky 232 Xtreme dijual seharga Rp3,3 juta.

Timothy mengaku memiliki strategi dalam mengeluarkan sebuah produk ke pasaran. Ia mengatakan, sejak berdiri pada 1996 silam, pihaknya mempelajari kebiasaan konsumen Indonesia seperti produk, harga dan pasar.

INFOGRAFIK: Kiat Mata Tetap Sehat Walau Rutin di Depan Laptop

Zyrex Sky 232 XTreme.

Tak hanya itu, ia pun mengakui kalau pemakaian laptop di zaman now sangat berbeda dari 5-10 tahun lalu. Saat itu, menurut Timothy, fungsi laptop murni hanya dipergunakan untuk mengetik.

"Sekarang fungsinya sudah luas. Laptop juga harus yang ringkas dengan kualitas spesifikasi dan layanan yang baik juga," ungkapnya.

Gratis ongkir

Deputy CEO Zyrex, Antoni menuturkan, pihaknya memproduksi 30 ribu unit Sky 232 Xtreme. Meski pangsa pasarnya untuk ritel, namun tidak menutup kemungkinan korporasi bisa membeli produknya ini.

"Sejak tahun 2000 kita sudah main laptop dan kontribusinya ke perusahaan mencapai 60 persen. Kini, karena baru mulai lagi maka kontribusinya 20 persen. Kami berharap bisa 50 persen, karena kebutuhan laptop masih sangat relevan untuk pemakaian harian," jelas Antoni.

Zyrex menggandeng e-commerce kakap asal China JD.ID dalam menjual Sky 232 Xtreme. Timothy mengatakan bahwa khusus jualan online pihaknya menyediakan 2.000 unit dengan harga lebih murah, hanya Rp3 juta. Harga ini dinilai sesuai kantong orang Indonesia.

Head of Category PC and Laptop JD.ID, Dody Wijaya menambahkan, konsumen yang membeli Sky 232 Xtreme tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos kirim.

"Dari Sabang sampai Merauke gratis ongkir dengan harga yang sama, yaitu Rp3 juta, dan sudah dimulai sejak hari ini (Rabu, 28 Februari)," papar Dody.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya