Fitur WhatsApp Ini Bisa Lenyapkan Pesan Sampah

Aplikasi WhatsApp.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pesan sampah atau spam memang membuat pengguna perangkat mobile merasa tak nyaman. WhatsApp menyadari hal ini, dan mengambil langkah untuk mengurangi spam pada platform tersebut. 

Knowing How to Recover a WhatsApp Account Reported as Spam

Menurut bocoran dari WABetaInfo, dikutip Kamis 1 Maret 2018, aplikasi perpesanan milik Facebook itu sedang mengembangkan fitur anti pesan sampah alias spam yang bernama Forwarded Message. 

Fitur ini akan mendeteksi sebuah pesan yang dibagi ke kontak WhatsApp, kemungkinan adalah spam. Dalam bocoran fitur anti pesan sampah tersebut, nantinya notifikasi pesan spam akan muncul di atas kotak dialog. Di sana terdapat penanda berupa 'forwarded message'. 

WhatsApp Kena Spam Bisa Diatasi, namun Butuh Waktu

"Hari ini WhatsApp mengubah perilaku fitur ini, yang mana akan muncul dalam kotak pesan. Dan akan berikan penanda Forwarded message jika pesan ini telah diteruskan dari percakapan lain," jelas WABetaInfo. 

Fitur forwarded message

PUPR Targetkan 39 Proyek KPBU Senilai Rp 252 Triliun Dibangun di 2024

Fitur Forwarded Messagge itu akan muncul dalam WhatsApp beta untuk Android v2.18.67. Penanda 'forwarded message' akan muncul setelah sebuah pesan setidaknya diteruskan satu kali.

WABetaInfo menekankan, fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum jaminan akan dirilis menjadi fitur resmi ke seluruh pengguna WhatsApp. 

Sebelumnya pada pertengahan Januari lalu, WABetaInfo pernah membocorkan fitur sejenis tapi berlaku di iOS. Dalam penjelasannya bulan lalu, fitur baru WhatsApp akan mengingatkan pengguna bahwa pesan yang bakal disebarkan kemungkinan adalah spam atau hoax. Peringatan dari fitur ini hanya muncul jika pesan tersebut telah diteruskan lebih dari 25 kali. Asumsinya, pesan hoax biasanya sangat masif disebarkan ke kontak maupun grup lain. 

Pada bocoran fitur terdahulu untuk di iOS, WABetaInfo menunjukkan fitur berupa pemberitahuan bahwa pesan tersebut telah disebarkan berulang kali dan terdapat tombol 'batal'. Fitur ini kala itu diperkirakan hanya berjalan pada platform iOS saja. 

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya