Ditemukan 42 Danau Air Asin di Indonesia, Rumahnya Ubur-ubur

Ubur-Ubur Danau Kakaban.
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVA – Apa yang terbesit di pikiran Anda jika bertemu ubur-ubur? Mungkin, Anda membayangkan mereka berenang seperti hanyut dengan gerakan lamban di tengah lautan samudera.

Ribuan Ubur-ubur Serbu PLTU Paiton, Ini Analisis BMKG Jatim

Namun, sejumlah peneliti biota laut di Indonesia menemukan 42 lokasi di mana ubur-ubur hidup di danau air asin baru yang belum didokumentasikan.

Namun sayang, ke-42 danau air asin ini tidak disebutkan di wilayah mana saja. Peneliti ini menjamin kalau ubur-ubur ini jinak dan aman bagi manusia yang renang di dekatnya.

Warga Pariaman Geger Kemunculan Ubur-ubur Biru Sangat Beracun

Mengutip situs BGR, Jumat, 2 Maret 2018, danau air asin memang bukanlah danau pada umumnya, dan hanya ada ratusan yang diketahui di seluruh dunia.

Danau ubur-ubur.

Ratu Kerajaan Ubur-ubur Divonis Lima Bulan Penjara

Peneliti Biota Laut dari Universitas Wegeningen di Belanda, Lisa Becking mengatakan, timnya menemukan danau tersembunyi saat melakukan perjalanan ke pelosok Indonesia. Ia kemudian mendokumentasikan untuk selanjutnya akan dilakukan konservasi.

"Ternyata, ubur-ubur pedalaman menarik perhatian kami. Berbagai jenis ubur-ubur, termasuk jeli bulan dan jeli emas, menghuni danau itu dan berenang ke arah permukaan di mana mereka menyerap sinar matahari, lalu menyelam kembali," ungkapnya.

Dari penelitian Becking, ubur-ubur ini menguntit arah sinar matahari, dan memastikan kalau spesies ini bisa menangkap sebanyak-banyaknya sinar matahari sebelum mereka 'menghilang' di kedalaman danau.

Meski dikategorikan jinak, namun ubur-ubur danau air asin ini tetap bisa menyengat tapi sengatannya tidak sekeras ubur-ubur yang tinggal di lautan lepas.

Ubur-Ubur Danau Kakaban

"Mereka bergerak lincah dan tidak segan-segan 'menabrak' Anda saat renang. Mereka sangat mirip kucing meski sama sekali tidak meminta perhatian kita," ungkap Becking.

Saat ini, Becking dan tim peneliti sedang berusaha untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk memetakan rencana konservasi untuk mencegah ekosistem supaya keberadaan ubur-ubur ini tidak punah.

Ubur-ubur termasuk makhluk hidup dengan jumlah paling banyak di laut. Penelitian terbaru menunjukkan ada sekitar 38 juta ton ubur-ubur di kawasan epipelagik saja (kedalaman 0-200 meter).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya