'Otak' Melayang Siap Selesaikan Masalah di Antariksa

Robot otak melayang buatan AIrbus dan IBM
Sumber :
  • Dokumen AIrbus

VIVA – Stasiun Antariksa Internasional atau ISS bakal kedatangan kru baru. Bukan manusia. Dalam waktu dekat stasiun itu akan menerima kru baru yang disebut 'otak' melayang. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Jangan berpikir ngeri dulu. Otak melayang ini adalah robot Crew Interactive Mobile Companion (CIMON). Robot berbentuk kepala itu dibuat dari bahan logam dan plastik dan dicetak dalam cetakan 3D. Karena bentuknya yang hanya kepala, maka pencipta CIMON menyebutnya sebagai otak melayang. 

Dikutip dari Live Science, Sabtu 3 Maret 2018, robot CIMON dibuat dari kolaborasi produsen pesawat Airbus dan perusahaan teknologi IBM. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Si otak melayang ini dibekali kemampuan canggih berkat sentuhan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence)

Stasiun Antariksa Internasional

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Robot ini akan menjalankan tugas membantu astronaut ISS. Sebagai mesin yang pintar, si otak melayang secara rutin akan membantu kru ISS memecahkan masalah selama bekerja memproses dan mendiagnosis data.

Jaringan sistem komputer otak CIMON bisa bekerja sama dengan astronaut secara luwes dalam menjalankan tugasnya. Bahkan CIMON nantinya bisa menganggap astronaut ISS sebagai kolega, teman seperjuangan di stasiun tersebut. 

Sebelum hadir di ISS, 'otak' melayang yang berbobot 5 kilogram itu sudah menjalani pelatihan dengan astronaut mantan kru ISS pada 2014, Alexander Gerst. CIMON bersama Gerst akan meluncur ke ISS pada Oktober tahun ini.

Perwakilan Airbus mengatakan, robot CIMON bakal menjadi misi kecerdasan buatan pertama yang hadir di ISS. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya