Asisten Virtual Alexa Tiba-tiba Tertawa, Pengguna Ketakutan

Amazon Echo Dot
Sumber :
  • www.pixabay.com/HeikoAL

VIVA – Beberapa pengguna asisten virtual besutan Amazon, Alexa, belakangan ini terkaget dan merasa ketakutan dengan suara yang muncul dari asisten tersebut. 

Kabar Gembira untuk Telkomsel Veronika

Pengguna mendengar Alexa yang ada di perangkat Amazon Echo dan Amazon Echo Dot, tiba-tiba tertawa. Suara tertawa mendadak itu mengagetkan dan membuat pengguna merasa ngeri. Pengguna lalu membagikan pengalaman itu di Twitter dan Reddit. 

"Jadi Alexa tiba-tiba tertawa saat saya sedang di dapur. Mengejutkan saya dan @SnootyJuicer. Saya pikir anak kecil sedang tertawa di belakang saya," tulis akun @CaptHandlebar dilansir laman Tech Radar, Kamis 8 Maret 2018. 

Apple Bunuh Frasa 'Hey Siri'

Pengguna lain mengaku kaget dengan Alexa yang tertawa mendadak saat dia sedang tertidur. 

Frasa 'Hey Siri' akan Dipersingkat Jadi 'Siri'

Amazon yang mengetahui perilaku aneh asisten virtual itu, langsung merespons. Perusahaan mengatakan sedang berusaha untuk memperbaikinya. 

Setelah pernyataan tersebut, juru bicara Amazon mengatakan, Alexa bisa saja salah mendengar perintah dan menganalisisnya sebagai permintaan untuk tertawa.

"Dalam situasi yang sangat jarang, Alexa bisa salah mendengar kata 'Alexa, tertawa" jelas jubir Amazon. 

Setelah kejadian tersebut, Amazon mengubah beberapa fitur Alexa. Seperti menonaktifkan 'Alexa, tertawa' dan pada pertanyaan 'Alexa bisakah Anda tertawa?' akan diubah jawabannya. Asisten virtual itu tidak akan langsung tertawa bila ada yang menyuruhnya tertawa. Namun akan menjawab 'Tentu saya bisa tertawa' lalu akan diikuti tawanya. 

Tapi penjelasan Amazon masih belum menjawab ketakutan pengguna Alexa. Karena beberapa dari mereka mengaku asisten itu hanya tertawa tanpa seseorang menyuruhnya apa pun termasuk memintanya untuk tertawa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya