Misteri Rawa Pening dari Antariksa

Citra Rawa Pening dari satelit luar angkasa
Sumber :
  • Instagram/@lapan_ri

VIVA – Pernah berkunjung ke Rawa Pening, Ambarawa, Kabupaten Semarang? Jika belum, citra satelit milik Badan Antariksa Eropa mengabadikan danau yang terkenal dengan enceng gondok tersebut dari luar angkasa. Satelit Sentinel-1A mengambil gambar Rawa Pening pada 19 Februari dan 3 Maret 2018.

Indonesia Mengalami Ekuiluks, Wilayah Ini yang Pertama Merasakan

Menurut Peneliti Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Udhi Catur Nugroho, citra satelit Eropa itu menunjukkan perkembangan area sekitar di Rawa Pening. 

Udhi menuliskan dari citra pada 19 Februari, sebagian besar ditandai dengan warna gelap yang menandakan area rawa masih dalam masa genangan air.

Sebentar Lagi Indonesia Alami Fenomena Ekuiluks

Kemudian pada citra satelit yang diambil pada 3 Maret 2018, wilayah Rawa Pening sudah mulai memasuki masa tanam, ditandai dengan mulai munculnya warna coklat kemerahan di area sawah. 

Puncak Hujan Meteor Quadrantid Terjadi Sebelum Subuh

Dari penampakan sekilas citra satelit itu, menurut Udhi, terlihat area Rawa Pening zaman purba kemungkinan mirip kepala kuda. Untuk memastikan hal itu, menurutnya, perlu penelitian mendalam. 

Keindahan Danau Rawa Pening, Semarang, Jawa Tengah

Dari citra satelit tersebut, pada kedua foto citra tersebut enceng gondok menutupi hampir 50 persen dari permukaan airnya. Rawa Pening masuk dalam 15 danau prioritas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pagi di Rawa Pening.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya