Ilmuwan Ungkap Deretan Fakta Bumi Tidak Datar

Grafiti dengan pesan kalau Bumi itu datar.
Sumber :
  • Facebook/Highland & Islands Police Division

VIVA – Seorang ahli astro-fisika bernama Neil deGrasse Tyson menegaskan bahwa Bumi berbentuk bulat dan heran dengan para pendukung Bumi Datar. Hal ini ia katakan dalam sebuah acara di kanal YouTube.

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

"Sangat janggal masih ada orang yang berpikir Bumi itu datar. Bumi itu bulat. Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Matahari bentuknya bulat. Tapi Bumi Datar? Ada yang salah di sini," kata Tyson, dilansir Space, Minggu, 11 Maret 2018.

Ia juga menjelaskan hukum fisika dan bagaimana cara energi bekerja menyebut bahwa planet-planet dan benda lainnya akan berbentuk bulat. Perputaran bulatan tersebut tidak bisa terasa karena rotasi yang sangat cepat.

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Tyson menegaskan bahwa semua yang ada di alam semesta berbentuk bulat. Namun, ia tidak membicarakan soal Asteroid, batuan luar angkasa yang tidak memiliki bentuk sama.

Gerhana Bulan, menurutnya, menjadi salah satu bukti Bumi itu bulat. Bulan yang masuk ke dalam bayangan Bumi. Bayangan ini selalu berbentuk bulat setiap gerhana. Jika Bumi Datar, lanjut dia, maka bayangannya juga akan terlihat datar di muka Bulan.

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

Hal lainnya yang dikatakan Tyson adalah mengenai kapal yang berjalan menuju horizon akan hilang karena Bumi melengkung.

Tyson menambahkan, di masa lampau, seorang peneliti bernama Eratosthenes yang berasal dari Alexandria, Mesir, memperlihatkan bahwa di siang hari semua orang bisa melihat dasar sumur, sedangkan pada malam hari tidak bisa. 

Lantas, apabila masih ada orang yang percaya Bumi itu datar, Tyson tidak akan mempermasalahkannya. Namun, ia punya satu syarat. "Tidak masalah Anda tetap ngotot kalau Bumi itu datar. Asalkan Anda tidak percaya, atau sampai bekerja, untuk NASA," tegas Smith.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya