Lagi, Ada Planet Super Bumi Dukung Kehidupan Alien

Planet K2-155d. Ilustrasi.
Sumber :
  • Dokumen NASA

VIVA – Astronom kembali menemukan puluhan planet baru. Kali ini, peneliti Tokyo Institute of Technology, Jepang menemukan 15 planet baru yang mengorbit bintang dingin katai merah. 15 planet tersebut disebutkan mirip dengan planet yang ada di Tata Surya.

Pakar Ungkap Alasan Alien Enggan Berkunjung ke Bumi

Salah satu yang menarik dari temuan itu adalah, terdapat planet yang digambarkan peneliti sebagai Super Bumi, karena planet ini bisa menjadi sumber air cair dan potensi sebagai tempat tinggal kehidupan asing luar Bumi alias alien. 

Temuan ini berdasarkan data dari misi kedua wahana Kepler Badan Antariksa AS, K2, disertai dengan pengamatan tindak lanjut teleskop di daratan, termasuk Teleskop Subaru di Hawaii dan Teleskop Nordic Optical Telescope di Spanyol. 

Aneh Tapi Nyata, di Planet Ini Hujannya Bukan Mengandung Air

Dikutip dari Mirror, Selasa 13 Maret 2018, peneliti menjelaskan salah satu bintang katai merah yang paling terang, K2-155, tersembunyi sekitar 200 tahun cahaya dari Bumi. Bintang katai ini punya tiga planet Super Bumi yang ukurannya lebih besar dari Bumi. 

Anak Magang Penggemar Star Wars Bikin Gempar NASA
Planet K2-155d

Dari tiga planet Super Bumi itu, planet terluarnya yakni K2-155d, radiusnya 1,6 kali dari radius Bumi. Planet inilah yang dipandang merupakan planet zona layak huni.

"Dalam simulator kami, atmosfer dan komposisi K2-155d diasumsikan seperti Bumi tapi tak ada jaminan juga dalam kasus ini," ujar pemimpin studi, Teruyuki Hirano. 

Dia menjelaskan, sistem katai merah terutama katai merah terdingin merupakan awal dari investigasi planet yang mirip Bumi. Menurutnya sistem katai merah sangat menarik menjadi target dari penelitian planet luar Tata Surya di masa depan. 

Saat ini peneliti Jepang itu berharap bisa mendalami bagaimana 15 planet tersebut terbentuk dan apakah benar belasan planet itu bisa mendukung kehidupan luar Bumi atau tidak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya