Google Haramkan Iklan Mata Uang Digital

Kantor Google di Tel Aviv, Israel.
Sumber :
  • REUTERS/Baz Ratner

VIVA – Google mengikuti jejak Facebook untuk mengharamkan atau melarang iklan yang berhubungan dengan mata uang digital atau cryptocurrency mulai Juni 2018. Google juga melarang iklan penawaran pembelian koin mata uang digital atau dikenal Initial Coin Offering (ICO). 

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

"Mulai tahun ini kami akan memperbaharui beberapa kebijakan untuk menyelesaikan masalah iklan untuk produk yang tak diatur atau finansial spekulatif," ujar Director Sustainable Ads Google, Scott Spencer, dilansir dari Telegraph, Kamis, 15 Maret 2018. 

Pelarangan ini juga akan berlaku pada iklan di YouTube, yang telah menjadi surga bagi berita dan promosi cryptocurrency. 

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

Selain cryptocurrency, kebijakan baru Google juga membatasi iklan produk spekulatif seperti iklan perdagangan opsi biner dan pasar valuta asing. 

Bitcoin.

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

Iklan cryptocurrency dan ICO terus bertambah banyak setelah naiknya popularitas Bitcoin setahun terakhir. 

Namun ternyata temuan menunjukkan iklan mata uang digital itu kebanyakan berisi penipuan. Banyak dari iklan itu menawarkan skema untuk berinvestasi yang memiliki risiko tinggi dan tidak diatur. Akibat penipuan itu banyak pengguna yang gagal.

Facebook juga telah mengambil langkah yang sama pada Januari lalu. Media sosial ini mengatakan iklan cryptocurrency tidak beroperasi dengan itikad baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya