21 Maret 2018, Hari Tanpa Bayangan di Indonesia

Menyaksikan Matahari Terbenam di Festival Glastonbury
Sumber :
  • REUTERS/Dylan Martinez

VIVA – Wilayah Indonesia sebentar lagi akan mengalami fenomena Hari Tanpa Bayangan. Fenomena ini terjadi pada pekan depan. 

Sebentar Lagi Matahari Akan Tepat di Garis Khatulistiwa

Matahari akan berada tepat di atas ekuator atau khatulistiwa pada 21 Maret 2018. Hal ini menjadi fenomena yang menarik bagi Indonesia yang terletak di garis ekuator. Kejadian seperti ini berlangsung dua kali dalam setahun. Peristiwa berikutnya terjadi pada 23 September 2018.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam keterangannya menuliskan, saat tengah hari pada tanggal tersebut, apabila seseorang berada di wilayah khatulistiwa, maka Matahari akan berada hampir tepat di atas kepala. Hal ini mengakibatkan tidak adanya bayangan. 

Jakarta Siap-siap Menyambut Hari Tanpa Bayangan, Catat Tanggal dan Jamnya

"Istilahnya yaitu hari nir bayangan atau hari tanpa bayangan," tulis LAPAN. 

Peristiwa Hari Tanpa Bayangan ini terjadi karena Bumi beredar mengitari Matahari pada jarak 150 juta kilometer dengan periode sekitar 365 hari. Garis edar Bumi berbentuk agak lonjong sehingga Bumi kadang bergerak lebih cepat dan kadang bergerak lebih lambat. 

Jakarta Akan Mengalami Fenomena Langka, Hari Tanpa Bayangan

Bidang edar Bumi disebut sebagai bidang ekliptika. Bidang ini miring sebesar 23,4 derajat terhadap bidang equator Bumi. Karenanya, Matahari tampak berada di atas belahan Bumi utara selama sekitar setengah tahun dan berada di atas belahan Bumi selatan setengah tahun sisanya. 

Perubahan posisi tampak Matahari menyebabkan perubahan musim di Bumi, misalnya empat musim di daerah subtropis dan juga musim kering-basah di wilayah Indonesia.

Pada 20 Maret 2018 pukul 23.15 WIB, Matahari akan tepat berada di atas ekuator. Peristiwa ini dikenal sebagai vernal equinox, atau fenomena yang mana pad hari itu, durasi siang dan malam di seluruh dunia akan sama, yakni 12 jam.

Di daerah ekuator, misalnya di Kota Pontianak, Matahari akan berada di atas kepala saat tengah hari vernal equinox, sehinga sebuah tugu tegak akan tampak tanpa bayangan. Pada 21 Maret 2018, Matahari akan mencapai titik puncak/kulminasi pada pukul 11.50 WIB. Setelahnya, Matahari akan turun perlahan hingga terbenam di titik barat sekitar enam jam kemudian. Fenomena yang sama akan terjadi saat autumnal equinox, pada 23 September 2018.

Hari nir bayangan tidak hanya terjadi di Pontianak atau kota-kota yang dilewati garis ekuator saja, melainkan dapat terjadi di kota-kota yang berada di antara 23,4 Lintang Selatan dan 23,4 Lintang Utara. 

Dalam peta yang dirilis LAPAN menunjukkan, hari nir bayangan dan waktu kulminasi di beberapa kota besar di Indonesia. Sebagai contoh, hari nir bayangan terjadi di Kota Denpasar pada 26 Februari dan 16 Oktober.

Peta Hari Nir Bayangan dan Waktu Kulminasi di Indonesia

Pada hari nir bayangan 21 Maret 2018, LAPAN akan berpartisipasi dalam Festival Hari Nir Bayangan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Festival tersebut akan berlangsung hingga 23 Maret 2018. LAPAN akan menyajikan pertunjukan planetarium mini, pameran, dan ceramah edukasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya