Awasi Anak-anak, Video Konspirasi Nyampah di YouTube

Fitur menarik di YouTube.
Sumber :
  • Flickr/Rego Korosi

VIVA – YouTube sedang bersih-bersih konten negatif pada saluran anak-anak, YouTube Kids. Platform video Google itu ingin menghilangkan konten dewasa, kekerasan serta konten tidak pantas lainnya. 

Tepis Teori Konspirasi, Kate Middleton Terlihat Sehat dan Bahagia di Foto terbaru

Dalam penelusuran laman Business Insider, Senin 19 Maret 2018, ternyata pada aplikasi YouTube Kids banyak menampilkan video teori konspirasi yang mengklaim bumi itu datar, pendaratan manusia di bulan adalah hoax, bumi dikuasai oleh campuran manusia dan reptil, gerakan Freemason dan konspirasi pembunuhan Presiden AS, John F. Kennedy

Pada aplikasi YouTube Kids itu, banyak video dari pakar teori konspirasi David Icke. Sang pakar ini dikenal dengan teori manusia dan reptil. Terdapat juga video kuliah Icke dengan durasi hampir 5 jam menghiasi YouTube Kids.

Spesifikasi Singkat Infinix Note 40 Series yang Akan Hadir di Indonesia

Mendapatkan laporan tersebut, YouTube langsung menghapus video konspirasi dari platform YouTube Kids. 

Dalam keterangannya, YouTube mengakui kadang memang ada kesalahan yang membuat konten tak pantas bagi anak-anak nongol di platform tersebut. YouTube berjanji aka terus berpatroli untuk meningkatkan pengalaman yang positif pada YouTube Kids. 

Xiaomi Tunduk sama Google

"Konten di YouTube Kids disaring menggunakan sistem yang terlatih seperti manusia. Jadi tidak ada sistem yang sempurna dan kadang kami melakukan kesalahan," kata YouTube.

YouTube menegaskan, begitu menemukan konten tak pantas bagi anak-anak, mereka langsung memblokir video, dan jika diperlukan YouTube akan memblokir saluran kontroversial muncul di YouTube Kids. 

Setelah mendapat laporan, video tentang konspirasi pendaratan bulan kemudian disembunyikan YouTube dari YouTube Kids. 

Beberapa hari sebelumnya, YouTube mengatakan video teori konspirasi memang dimungkinkan untuk nongol di YouTube, tapi YouTube tak ingin penggunanya tersesat dengan propaganda teori konspirasi itu. Caranya, YouTube menambahkan tautan Wikipedia pada setiap video teori konspirasi. 

Langkah ini bertujuan agar pengguna bisa mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai video teori konspirasi yang mereka tonton. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya