Waspada Pesan Tipuan WhatsApp Bagi-bagi Bir Heineken Gratis

Heineken
Sumber :
  • REUTERS/Sukree Sukplang

VIVA – Kalau kamu menerima sebuah pesan berantai yang mengiming-imingi hadiah dan berisi link untuk diklik, jangan langsung percaya. Cek dulu kebenarannya, dari sumber terpercaya.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

Yang terbaru, WhatsApp dijadikan ajang untuk menyebar berita bohong terkait dengan iming-iminng hadiah. Kali ini, nama perusahaan besar yang dipakai adalah produsen minuman beralkohol, Heineken.

Dikutip melalui Express.co.uk, Selasa 20 Maret 2018, pesan tipuan itu menawarkan asupan bir gratis dari Heineken. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengklik link yang dikirimkan bersama dengan pesan tipuan itu. Link itu diklaim sebagai situs resmi Heineken. 

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Aplikasi WhatsApp.

"Dalam rangka ulang tahun ke-140, Heineken memberikan secara gratis 4 barel (5 liter) bir untuk kamu. Klik http://heineken.com-xxxxx dan sebarkan pesan ini," tulis pesan WhatsApp tersebut.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Saking berbahayanya, Kepolisian Amerika langsung memberikan peringatan kepada para pengguna WhatsApp. Mereka meminta para pengguna WhatsApp, untuk tidak mengklik link tersebut. Sebab, sekali klik maka data-data, termasuk profil pribadi pemilik WhatsApp akan berpindah. Hacker produsen pesan tipuan itu akan mengambil data milik pengguna WhatsApp.

Tidak hanya itu, jika link tersebut diklik, WhatsApp kita akan mengirimkan pesan tipuan tersebut secara otomatis ke 20 pengguna WhatsApp lain yang ada dalam daftar kontak kita.

Tak hanya polisi, Heineken juga langsung memberikan pernyataan dan imbauan untuk tidak mengklik link yang dimaksud. 

"Ini jelas-jelas scam (penipuan). Pesan itu tidak berasal dari Heineken. Segala bentuk promosi yang benar akan kami umumkan di saluran sosial media resmi kami. Kami sarankan kalian untuk tidak mengklik link tersebut, tidak membagikan data pribadi atau menyebar ulang pesan tersebut. Silakan menghubungi kami, jika ada hal mencurigakan mengatasnamakan Heineken," tulis pihak Heineken mengklarifikasi.

Sebelumnya, pesan tipuan yang sama juga pernah menyebar dengan luas melalu WhatsApp. Kala itu menggunakan nama Adidas, yang mengklaim akan memberikan 3.000 pasang sepatu kepada mereka yang beruntung, dalam rangka merayakan ulang tahun Adidas ke-93. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya