Kenapa Sih Anjing Suka Miringkan Kepala

Anjing memiringkan kepalanya
Sumber :
  • Flickr/Ashley Coombs

VIVA – Pernahkah Anda memerhatikan perilaku unik pada anjing, yakni kerap memiringkan kepalanya. Ternyata perilaku tersebut menandakan beberapa makna dan hal penting, mulai respons anjing terhadap penglihatan, suara sampai psikologi. 

Merinding, Viral Video Penampakan Rusa Kutub Bergerak Melingkar Seperti Orang Tawaf

Dikutip dari laman Howstuffworks, Selasa 20 Maret 2018, dalam sebuah video Cristen Conger menjelaskan anjing memiringkan kepala punya banyak makna. 

Pertama, memiringkan kepala merupakan trik anjing agar bisa mendapatkan penglihatan yang ideal. Perilaku ini umumnya terjadi pada anjing dengan moncong yang panjang. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Alasannya begini, dengan moncong yang panjang maka penglihatan sang anjing akan terhalang oleh mulutnya tersebut. Maka anjing memiringkan kepalanya agar mendapatkan tampilan penglihatan yang lebih baik dan ideal.

Sebuah penelitian telah menunjukkan, anjing menggunakan isyarat visual untuk membaca ekspresi manusia, apakah ekspresinya bahagia, sedih dan lainnya. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Lantas bagaimana dengan anjing tanpa moncongnya panjang, mengapa memiringkan kepalanya. Ini terkait dengan kemungkinan kedua. Jadi anjing memiringkan kepala ada hubungannya untuk menyempurnakan suara yang mereka dengar. 

Sebagaimana jamak diketahui, indera pendengaran anjing dua kali sensitif dibandingkan pendengaran seseorang. Maka saat anjing mendeteksi suara pada nada yang lebih tinggi dari jauh, anjing punya cara yakni memiringkan kepala mereka untuk menangkap gelombang suara menjadi lebih baik. Secara khusus anjing menggunakan ujung telinga luar mereka untuk menyensor suara dengan lebih baik. 

Selain itu, anjing memiliki otot khusus yang membantu mereka memproses suara di telinga tengah mereka. Otot-otot tersebut diatur oleh bagian batang otak yang dikenal nukleus ambiguus. Bagian ini mengatur ekspresi wajah, tatapan, vokalisasi dan gerakan kepala. 

Teori ketiga, kenapa anjing memiringkan kepala, ini adalah respons psikologi sang hewan. Penulis Handbook of Applied Dog Behaviour and Training, Steven R. Lindsay menjelaskan anjing yang memiringkan kepalanya merupakan respons mereka terhadap manusia. Menurutnya perilaku memiringkan kepala pada anjing menandakan cara sang hewan 'berbicara'. 

 
 

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya