Ancaman Perubahan Iklim, 140 Juta Orang Desa Pindah ke Kota

Kondisi kekeringan yang melanda ribuan hektare sawah.
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Perubahan iklim bisa menyebabkan lebih dari 140 juta orang mengungsi, di mana yang akan menjadi korban akibat dampak dari cuaca ekstrem ini adalah Afrika sub-Sahara, Asia Selatan, dan Amerika Latin.

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia

Hal ini berdasarkan laporan terbaru Bank Dunia, seperti dikutip Scroll, Rabu, 21 Maret 2018.

Laporan berjudul "Groundswell: Preparing for Internal Climate Migration" ini memperingatkan bahwa pembangunan yang berlebihan membuat ketersediaan air tanah menjadi rendah, penurunan produktivitas tanaman, gelombang badai, serta naiknya permukaan laut. 

Mengerikan, Lapisan Es Saat Ini Mencair Lebih Cepat dari yang Diduga

Perubahan iklim akan memaksa lebih dari 140 juta orang di Afrika sub-Sahara, Asia Selatan dan Amerika Latin, menjadi "migran iklim internal", atau pindah dari desa ke kota di suatu negara, pada 2050.

Perubahan iklim.

RI Wajib Genjot Upaya Mitigasi Perubahan Iklim, Bambang Brodjonegoro Beberkan Alasannya

Dampak perubahan iklim kerap memaksa orang pindah dari perdesaan yang kekeringan dan gagal panen, menuju ke kota-kota yang menawarkan banyak peluang.

Direktur Eksekutif Bank Dunia, Kristalina Georgieva mengatakan, hampir 86 juta orang diperkirakan akan mengungsi di Afrika sub-Sahara, 40 juta di Asia Selatan, dan sekitar 17 juta di Amerika Latin.

"Kami memiliki 'jendela kecil' sekarang. Kalau dibiarkan maka efek perubahan iklim semakin parah. Langkah-langkah yang ditempuh pemerintah kota di seluruh dunia untuk mengatasi datangnya 'gelombang' migrasi dari pedesaan ke kota dengan dalih memperbaiki taraf hidup seperti pendidikan dan pekerjaan yang layak," ungkapnya.

Hari Aksi Sedunia untuk Perubahan Iklim di New York, MInggu, 21 September.

Georgieva mengingatkan bahwa kota-kota juga perlu merencanakan sebuah kebijakan untuk mengatasi masuknya penduduk yang berpindah dari desa.

Akan tetapi, bencana ini bisa dikendalikan dan pemindahannya berkurang 80 persen apabila pemerintah mengambil tindakan cepat mengurangi emisi gas rumah kaca dan terlibat dalam "perencanaan pembangunan yang kuat."

Tanpa perencanaan dan dukungan yang tepat, Georgieva menambahkan, penduduk yang berpindah dari desa ke kota bisa menghadapi risiko baru, dan bahkan lebih berbahaya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya