Siaran Langsung Saat Main Game? Bisa via Facebook Live

Logo media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Facebook sepertinya benar-benar ingin mengambil ceruk segmen Youtube. Tak hanya sebagai platform berbagi video, Facebook juga kini memungkinkan para gamer untuk melakukan live streaming saat mereka sedang bermain game.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Jejaring sosial dengan pengguna lebih dari dua milyar itu memungkinkan penggunanya untuk melakukan siaran langsung atau live streaming melalui fitur Facebook Live. Artinya, ribuan teman di Facebook, atau jutaan orang di lingkaran pertemanan anda di Facebook bisa melihat secara real-time aksi anda bermain game di PC.

Sebelumnya, untuk menghubungkan semua perangkat agar live streaming berjalan lancar, dibutuhkan sebuah software tambahan. Para gamers biasanya menggunakan aplikasi streaming seperti OBS atau XSplit. Sorot Games - gamers - developer games - permainan

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Namun, sekarang sudah tidak perlu lagi software-software tersebut. Ini merupakan upaya Facebook untuk menegaskan diri menantang tak hanya Youtube tapi juga Twitch dan Mixer.

Namun, dilansir melalui Engadget, fitur live streaming yang terintegrasi ini tersedia hanya untuk pengembang game di Facebook. Maksudnya, para pengembang itu bisa menyertakan menu live streaming saat ada pengguna Facebook yang ingin bermain game di platform sosial media itu.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Games SDK untuk PC itu akan diberikan pekan ini kepada para pengembang game Facebook. Tak hanya melakukan live streaming, gamers juga bisa memberikan rewards kepada para penggemarnya berbarengan dengan live streaming, entah item games ataupun bonus.

Fitur terbaru ini sepertinya akan memberikan keuntungan tak hanya kepada pengembang tapi juga gamers. Para gamer bisa meraih lebih banyak audiens, walau tidak menggunakan platform yang didedikasikan untuk games. 

Bagi Facebook, streaming games merupakan langkahnya untuk menarik perhatian para penggemar games. Konten games akan lebih banyak dan membuat durasi berinteraksi di Facebook bisa lebih lama. 

Sedangkan para pengembang bisa memanfaatkan fitur live streaming untuk bisa lebih memahami pola dan kebutuhan para penggemar game.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya