Tanpa Hapus Facebook, Ini Cara Selamatkan Data Kamu

Logo media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Usai Facebook ketahuan memberikan data penggunanya ke pihak ketiga, aksi #hapusFacebook ramai menggema di Twitter. Namun tidak sedikit yang merasa masih perlu mempertahankan akun Facebook mereka.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Tidak dipungkiri jika banyak pengguna yang merasa mendapat banyak manfaat dari Facebook. Apalagi data-data yang disebar Facebook tersebut rata-rata merupakan sukarela dari pengguna itu sendiri. Tidak heran jika pengguna lebih memilih untuk menghapus akun Facebook mereka, dengan harapan data-data akan ikut terhapus. Facebook.

Jika sudah terlanjur, yang perlu diperhatikan adalah menyelamatkan data-data yang kadung tersimpan di Facebook. Lalu bagaimana caranya agar bisa menghapus data-data tersebut tanpa harus menghapus akun Facebook kita?

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Yang perlu diingat pertama kali adalah, kebocoran data pengguna Facebook sejatinya memang menjadi tanggung jawab pengguna juga. Pasalnya, menurut klaim Facebook, data-data itu diberikan pengguna saat bergabung atau ingin menggunakan sebuah aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi tes personaliti maupun survei. 

Maka dari itu, cara yang bisa dilakukan untuk menyelematkan data-data kita di Facebook adalah dengan menghapusnya melalui Pengaturan Aplikasi. Yang perlu diingat, sekali pengaturan ini diubah maka semua platform aplikasi yang terhubung dengan Facebook akan nonaktif (disable), termasuk game Farmville, Candy Crush, Twitter dan Instagram.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Begini caranya,
1. Login ke Facebook, masuk ke menu Pengaturan
2. Klik Apps
3. Di bawah Apps,  Website dan Plugin, klik Edit
4. Sentuh Disable Platform.

Namun jika pengaturan ini dianggap terlalu ekstrim, dan anda masih ingin mengakses aplikasi-aplikasi yang terintegrasi dengan akun Facebook, bisa gunakan cara yang lebih mudah. 

1. Login ke Facebook, masuk ke menu Pengaturan
2. Klik Apps
3. Pilih Apps Others Use, lalu klik Edit
4. Hilangkan centang pada daftar informasi yang tidak ingin anda bagikan ke pihak ketiga.

Di situ anda harus memilah, data-data pribadi apa saja yang boleh diakses dan tidak oleh aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook.

Bijaklah dalam memberikan data-data anda ke aplikasi di dunia maya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya