Probosutedjo Meninggal, Foto Suharto Kok Jadi Bung Karno

Wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, saat bersama pengusaha Probosutedjo (kanan).
Sumber :
  • Raudhatul Zannah

VIVA – Adik kedua mantan Presiden Soeharto, Probosutedjo, menghembuskan napas terakhirnya pada Senin, 26 Maret 2018. Pria yang dikenal sebagai seorang pengusaha nasional itu meninggal dunia dalam usia 87 tahun. 

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

Kabar meninggalnya Probosutedjo langsung ramai di internet maupun di pemberitaan. Dalam pencarian di internet, terdapat kejanggalan dalam pencarian kata kunci Probosutedjo. 

Dalam pencarian kata kunci tersebut, berdasarkan sumber Wikipedia, Probosutedjo merupakan adik tiri dari Presiden kedua RI, Soeharto. Probosutedjo memiliki tujuh anak. 

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Nah, di bawah keterangan Probosutedjo, muncul pencarian tokoh lain yang berkaitan dengan Probosutedjo. Dalam salah satu tangkapan layar, tokoh lain yang terkait dengan Probosutedjo ditampilkan Suharto, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto dan Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto.

Sekjen Gerindra: Desmond Mahesa Orang yang Kritis dan Sangat Mencintai Partainya

Hal yang janggal, yakni foto Soeharto yang merupakan kakak Probosutedjo ditampilkan dengan gambar Bung Karno. Sedangkan foto keponakan Probosutedjo, yaitu Titiek dan Tutut pada hasil pencarian muncul dengan gambar yang sebenarnya.

Kejanggalan lainnya muncul dalam halaman pencarian tokoh lain yang berkaitan dengan Probosutedjo. Dalam hasil pencarian di Google, Foto Soeharto sebagai kakak tiri Probosutedjo ditandai dengan nama Kertosudiro. Padahal Kertosudiro adalah ayah kandung Soeharto hasil perkawinannya dengan Raden Roro Soekirah.

 

Sebelum meninggal, Probosutedjo dirawat di RSCM Jakarta Pusat. Sampai saat ini, belum diketahui penyebab meninggalnya Probosutedjo. Probo lahir di Kemusuk, Argomulyo, Bantul, Yogyakarta, 1 Mei 1930. Ia merupakan seorang pengusaha dan memiliki Yayasan Menara Bhakti, Pemilik Universitas Mercu Buana. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya