95 Persen Petani Kapas di AS Andalkan Mesin

Ilustrasi kerja sama robot dan manusia.
Sumber :
  • REUTERS/Rick Wilking

VIVA – Revolusi industri keempat merupakan integrasi dunia digital dengan industri (value added creation) yang merambah ke semua lini.

Era Teknologi Digital Bikin Mata Enggak Bisa Lepas dari Gadget

Revolusi ini memungkinkan otomatisasi industri dengan pemanfaatan teknologi informasi (IT) yang berdampak pada banyaknya tenaga kerja manusia yang digantikan oleh otomatisasi, tak terkecuali pada industri tekstil dan garmen.

Program Representative Indonesia, Cotton Council International, Anh Dung Do, mengatakan, mayoritas para petani di Amerika Serikat sudah menggunakan mesin ketimbang tenaga manusia, khususnya petani kapas.

Inovatif, Teknologi Digital Dorong Produktivitas Sektor Peternakan

"Di Amerika tidak banyak pakai tenaga manusia untuk kapas. Sebanyak 95 persen ditangani mesin supaya kualitas terkontrol. Touch dan taste manusia dan mesin jelas berbeda, karena menentukan hasil," kata Andy, sapaan akrabnya, kepada VIVA, di Jakarta, pekan lalu.

Salah satu produk Cotton USA.

Sandiaga Uno: 46 Juta Lapangan Kerja Baru Akan Muncul Akibat Teknologi

Serat kapas AS, ia melanjutkan, dihasilkan oleh lebih dari 18 ribu petani, yang menjadikannya sebagai produsen kapas terbesar ketiga di dunia, dengan pangsa pasar 30 persen.

Cotton Council International merupakan asosiasi nirlaba serat kapas asal negeri Paman Sam dengan merek dagang Cotton USA.

Andy mengaku bila Cotton USA dibuat dengan kualitas terbaik yang merupakan 100 persen serat kapas dipetik langsung dengan mesin, sehingga bebas dari kontaminasi.

Kapas ini juga memiliki sistem paling komprehensif seperti sistem yang ketat dari pemerintah mereka. “Mereka pakai teknologi tercanggih dalam memproduksi kapas," paparnya.

Indonesia adalah pengimpor kapas AS nomor empat dunia di bawah Vietnam, China dan Turki. Adapun merek fesyen internasional yang memakai bahan Cotton USA antara lain Zara, Uniqlo, H&M, dan GAP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya