TCash Klaim Data Pengguna Aman, Ada Audit dan Monitoring

CEO TCash Danu Wicaksana.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Dompet digital milik Telkomsel, TCash, mengembangkan aplikasinya yang menghadirkan beberapa fitur baru. Salah satunya fitur electronic Know Your Customer atau e-KYC.

Beda Layanan Volte Milik Telkomsel dengan Voice Calling WhatsApp?

Fitur ini untuk pelanggan yang ingin menikmati layanan full service bisa mengisi data pribadi, termasuk yang sesuai dengan KTP pengguna. Selain itu pengguna juga harus mengambil foto kartu identitas itu dan swafoto (selfie) pengguna dengan KTP.

Namun, dengan isu pembobolan dan kebocoran data, pihak TCash menjanjikan keamanan data pengguna mereka tak akan ke mana-mana.

Seberapa Jago Kamu Jualan Kolak?

"Pemerintah memberikan TCash izin resmi e-KYC karena server kita, data kita, itu ada di Indonesia. Sedangkan, beberapa e-commerce dan e-money lain (server dan data) ada di negara lain. Ini yang membuat khawatir kalau data orang kita bisa bocor keluar negeri," kata CEO TCash, Danu Wicaksana, di Jakarta, Selasa, 27 Maret 2018.

Ia juga menyebut, selain server dan data berada di Indonesia, TCash juga melakukan monitoring data, independent auditor, dan melakukan audit secara berkala untuk menjamin keamanan data pelanggannya.

Selain Video Call, Pemakaian Tiktok dan IG Naik Saat Lebaran

Meski begitu, Danu tak mau memastikan sistemnya sulit ditembus para peretas atau hacker. Akan tetapi, ia meyakinkan bahwa data pelanggannya sangat aman. "Kami cukup yakin tidak ada itu (kebocoran data).”

Guna memvalidasi data, TCash akan meminta penggunanya untuk melakukan video call dengan agen mereka. Nantinya pihak dompet digital itu akan melakukan kecocokan data yang masuk dengan pengguna saat melakukan wawancara tatap muka tersebut. (mus)

Menara BTS Telkomsel.

Jajaran Direksi Baru Telkomsel, Muka Lama Posisi Baru

Telkom Indonesia dan SingTel sahkan direksi baru Telkomsel.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2020