RI Belum Aman dari Stasiun Antariksa China, Jangan Panik

Ilustrasi Stasiun Antariksa China Tiangong di orbit Bumi.
Sumber :
  • Dokumen CMSA

VIVA – Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Agam, Bukit Tinggi, Sumatera Barat mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk tidak panik terhadap potensi jatuhnya pecahan stasiun antariksa Tiangong-1. Berdasarkan data terbaru, diprediksi waktu jatuh stasiun antariksa itu pada 1 April 2018 sekitar pukul 08:57 WIB +/- 19 jam. 

Kemandirian China di Luar Angkasa

"Satelit baru saja melintas di Indonesia. Jadi Indonesia belum bisa dibilang aman dari kejatuhan. Namun demikian, kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik akan fenomena tersebut," kata Kepala Kantor BPAA LAPAN Agam, Syafrijon, Kamis 29 Maret 2018.

Hingga saat ini, Syafrijon menuturkan, selain tetap memantau dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik, LAPAN juga berharap masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan. Jika ada kejadian terkait benda tersebut, secepatnya diharapkan menghubungi pihak berwajib dan jangan menyentuh benda itu, karena ada bahaya radiasi dan bahan kimia racun.

Wahana Antariksa China Kirim Foto Berwarna dari Bulan

"Berdasarkan prediksi, potensi jatuhnya pecahan objek antariksa Tiangong-1 tersebut melintasi beberapa wilayah di Indonesia, termasuk juga Sumatera. Berapa persentase benda itu jatuh di wilayah Sumatera Barat, tidak bisa diprediksi. Namun, kemungkinan itu ada. Kami tetap harus waspada," ujar Syafrijon.

Syafrijon menuturkan, saat ini aplikasi pemantau sampah antariksa LAPAN, Track-It telah menampilkan lintasan Tiangong-1 saat melintasi Indonesia di bawah ketinggian 200 kilometer (sekitar 198 kilometer) dari arah Barat Daya ke Timur Laut pada 27 Maret 2018 sekitar pukul 00:00 WIB melewati Papua, sekitar pukul 02:00 WIB melewati NTB dan Sulawesi, dan sekitar pukul 03:00 WIB melewati Sumatera. (umi)

Niat China Bikin Stasiun Luar Angkasa Internasional Tertunda
Roket China Long March 2F.

China Kirim Pesawat Ruang Angkasa ke China Bersama 3 Taikonaut

China meluncurkan pesawat ruang angkasa Shenzhou 15 bersama tiga taikonot dari Kosmodrom Jiuquan, Provinsi Gansu barat laut. Mereka akan bekerja di orbit Bumi enam bulan.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2022