Ready Player One, Film Menjelajahi Dunia Virtual Reality

Film Ready Player One.
Sumber :
  • cinema.everyeye.it

VIVA – Film arahan Steven Spielberg, Ready Player One, telah hadir di bioskop Tanah Air mulai 28 Maret 2018. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Ernest Cline.

Fakta Film Ready Player One Beserta Sinopsisnya

Ready Player One merupakan film yang menceritakan teknologi virtual reality (VR) sebagai salah satu bintang utamanya.

Mengutip situs Variety, Jumat, 30 Maret 2018, seperti yang terlihat di beberapa trailer, karakter utama yang bernama Wade menggunakan VR yang menyerupai kacamata ski.

Mengejar Metaverse

Perangkat ini sepertinya ringan, wireless, dan bekerja tanpa menggunakan perangkat keras atau hardware eksternal. Teknologi inilah yang mampu membawa karakter para pemainnya ke dunia virtual oasis pada 2045.

Pada April mendatang akan hadir perangkat VR wireless seperti Oculus Go - headset VR stand alone yang bisa berfungsi secara mandiri tanpa PC. Tak mau kalah, Google dan Lenovo juga akan segera merilis headset sejenis bernama Daydream.

Saudi Bikin VR Haji di Metaverse, Diyanet Turki: Bukan Ibadah Nyata

Ready Player One

Kendati demikian, belum ada VR yang tidak disambungkan dengan hardware eksternal. Contohnya HTC Vive dan Oculus Rift, di mana keduanya masih harus dijalankan menggunakan PC.

Adapun Samsung Gear VR disambungkan ke smartphone pengguna. Tak hanya itu, para pemain Ready Player One juga menggunakan sarung tangan untuk bisa berinteraksi dengan dunia virtual, termasuk menyentuh semua objek.

Pada dunia nyata, startup VR seperti uSens telah membuat perangkat untuk jari tangan tanpa sarung tangan. HapX juga membangun prototype dari sarung tangan yang bisa meraba dan merasakan obyek di dunia virtual.

Dunia VR saat ini masih belum sebaik dunia Oasis 2045, yang ada di film Ready Player One. Teknologi saat ini masih bisa melihat piksel-piksel pada gambar, sedangkan, Spielberg membangun dunia virtual oasis secara sempurna. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya