Ketua MPR Minta Game di Gawai Pintar Dibatasi Usia

Seorang anak asyik bermain game di gadget. (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVA – Ketua MPR Zulkifli Hasan meminta game tertentu di gawai pintar atau smartphone agar dibatasi usia. Hal ini untuk meminimalisir dampak negatif bagi generasi muda Indonesia di masa mendatang. 

Apa Saja Fungsi Diamond ML? Yuk, Simak Selengkapnya di Sini!

Hal itu dikatakannya saat menghadiri kompetisi game mobile legends di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat malam ini, Minggu 1 April 2018. 

Dia mengakui banyak dari anak kecil yang belum cukup umur, aktif memainkan game dengan kriteria untuk orang dewasa.

Juara Persija Esports Championship Qualifier 1 Jakarta

"Saya berharap gamers itu, kalau untuk ini memang harus dibatasi, ini kan (pesan) untuk keluarga, misalnya kalau enam tahun ke bawah belum waktunya. Tapi, kalau sudah 10 tahun 12 tahun saya kira nanti untuk (game) tertentu dimungkinkan," kata Zulkifli. 

Menurutnya, perlu disegerakan adanya aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mengatur game online di telepon pintar agar tak merusak generasi muda. 

Persija Esports Championship Digelar di Bandung dan Jabodetabek

"Dewasa ini kan, mesti ada aturan, kalau berkembang yang seperti ini tidak ada aturan, ya saya pikir mesti. Di industri e-commerce, perlu pemerintah segera membuat rule aturannya. Acara-acara seperti ini," kata dia. 

Sikap dari pihaknya, Zulkifli mengatakan, bahwa untuk game yang positif akan terus didukung. Perkembangan teknologi ini diakuinya harus diiringi aturan yang jelas.

"Perkembangan teknologi harus segera diatur dengan aturan. Positif didukung, negatif diminimalisir," tutur dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya