Apa Sih Fungsi Telinga Panjang pada Anjing

Anjing dengan telinga panjang ke bawah
Sumber :
  • www.pixabay.com/vlaaitje

VIVA – Jika Anda perhatikat lekat-lekat, bentuk kuping anjing beragam. Ada anjing yang telinganya berbentuk tegak berdiri, ada juga anjing telinganya panjang lemah ke bawah. 

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Biasanya anjing dengan telinga panjang ke bawah (floppy ears) ada pada anjing pemburu, anjing pelacak, anjing hutan dan lainnya 

Ngomong-ngomong soal kuping pada anjing, telinga panjang ke bawah ini punya makna dan fungsi penting bagi hewan pintar tersebut. Bukan sekadar fisiologis semata. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Dikutip dari Howstuffwork, Rabu 4 April 2018, anjing memang punya senjata hidung yang menakjubkan, Dengan lebih dari 220 juta reseptor penciuman, para ahli Alabama A&M dan Universitas di Auburun, Amerika Serikat mengatakan, penciuman anjing ribuan kali lebih sensitif dibanding manusia. 

Anjing dengan telinga panjang ke bawah memanfaatkan betul bentuk alat pendengaran tersebut. Telinga panjang anjing itu berfungsi sebagai 'sarung tangan' penangkap. Sehingg anjing dengan telinga panjang ini bisa lebih maksimal mengendus buronan, mayat sampai korban bencana. 

Jangan Terkecoh oleh Jambul Hewan Ini

Floppy ears anjing mengumpulkan partikel aroma tak terlihat di jalan setapak dan menyetorkannya ke arah hidung mereka. 

Kulit anjing dengan telinga panjang ini juga bisa meyimpan partikel aroma untuk menjadikan referensi saat mereka melakukan tugas pelacakan atau perburuan. 

Fungsi lainnya, telinga panjang pada anjing berfungsi agar anjing bisa lebih jernih dan fokus mendengar suara yang jauh. Dengan demikian, kolaborasi tersebut, ajing bisa lebih memaksimalkan indera penciuman mereka. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya