Tumblr Sudah Hubungi Kominfo, Bahas Pemblokiran

Media sosial Tumblr.
Sumber :
  • REUTERS/Thomas White

VIVA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan bahwa pihak Tumblr sudah menghubunginya untuk membereskan masalah pemblokiran pada platform tersebut.

Gelombang PHK Startup Unicorn dan Decacorn, Ini Nasihat Eks Menkominfo

"Legal counsel Tumblr sudah menghubungi kami untuk membereskan masalah ini," kata Rudiantara di Jakarta, Senin malam, 9 April 2018.

Namun, Rudiantara mengaku belum tahu kapan Tumblr diaktifkan kembali setelah sebelumnya diblokir. Sebab, Tumblr belum menunjukkan iktikad baik menghapus konten negatif.

Merdeka dari Kominfo, Rudiantara: Ada yang Suka dan Kurang Suka

Tak hanya Tumblr, ia menyebut platform seperti Vimeo dan Reddit juga telah diblokir sebelumnya oleh Kominfo. "Contohnya Vimeo. Mereka juga sudah menghubungi kami. Tapi, mereka tidak mau bekerja sama membersihkan konten negatif di situs atau platformnya," ungkap Rudiantara.

Pada awal Maret lalu, Tumblr resmi diblokir di Indonesia, karena ditemukan konten pornografi setelah adanya laporan yang masuk.

Rudiantara Pakai Baju Putih, Dipanggil Jokowi ke Istana?

Sejak 28 Februari 2018, Kominfo sudah menghubungi Tumblr untuk membersihkan konten-konten tersebut. Namun, tak kunjung merespons, dan akhirnya, diputuskan untuk memblokir DNS Tumblr.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menyebut, asal pihak yang diblokir melakukan respons dan berkomitmen ikut aturan main pemerintah, pengguna di Indonesia bisa mengakses kembali.

"Namanya sampah akan selalu ada. Harus ada kerja sama dari platform untuk selalu membersihkannya. Itu yang diharapkan. Karena kami enggak mungkin juga membersihkan 100 persen," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya