E-Commerce 'Nyawa Baru' Pertumbuhan Ekonomi RI

Ilustrasi transaksi e-commerce.
Sumber :
  • www.pixabay.com/StockSnap

VIVA – Industri logistik menjadi salah satu pilar penting dari perkembangan e-commerce di Indonesia, selain marketplace dan sistem pembayaran. Industri ini menjadi penting lantaran mengandung jasa layanan antarbarang yang terdapat di e-commerce itu sendiri.

Pemerintah Minta Peran Aktif Perhumas Sukseskan Presidensi G20

"Yang menjadi pilar di dalam logistik itu tentu saja para operator dan service provider di bidang logistik," kata Direktur Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Infomatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ichsan Baidirus, di Jakarta, Selasa, 17 Maret 2018.

Ia juga menekankan bahwa industri logistik akan dikembangkan lagi untuk bisa menjadi penguat di sektor e-commerce, di mana pertumbuhan e-commerce menjadi salah satu alasan adanya kontribusi nyata dari pos dan logistik.

Cara Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"E-commerce salah satu yang menentukan besarnya penerimaan barang. Inilah yang menyebabkan layanan menjadi sempurna di seluruh Indonesia. Artinya, keberadaan e-commerce menunjang perekonomian masyarakat," paparnya.

Pemerintah Berikan Izin Acara Skala Besar Konser & Pernikahan

Direktur Jasa Kurir PT Pos Indonesia (Persero), Agus Handoyo, menyetujui bahwa ada pertumbuhan industri logistik yang sejalan dengan pertumbuhan e-commerce.

Ia menambahkan ada beberapa hal tentang jasa pengiriman yang harus diperhatikan dari pasar Indonesia. Salah satunya wilayah geografis Indonesia yang berpulau-pulau membuat pengiriman barang menjadi agak sulit.

"Kita menyadari untuk posisi kompetensi di sektor IT kita lebih banyak mengadopsi pihak lain. Untuk mencoba menyerap apa-apa yang terjadi di lapangan, di pasar. Meskipun China dan Amerika lebih dulu, kita sudah mulai mengadopsi," tutur Agus. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya