3 Fitur Canggih ala Blockchain untuk Lindungi Aset Berharga

Ilustrasi Teknologi Blockchain.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Blockchain merupakan teknologi berdasarkan jaringan peer to peer yang terdesentralisasi, efisien, dan aman karena dilindungi oleh algoritma kriptografi yang kuat. 

Blockchain Bikin Transaksi Keuangan Lintas Batas Enggak Ribet

Teknologi yang kerap digunakan di industri keuangan, khususnya perbankan, di dunia. Saat ini, Blockchain telah berkembang ke berbagai industri. Salah satunya energi.

Chief Operating Officer Energy Eco Chain Foundation, Tony Huang, mengatakan pihaknya menciptakan platform digitalisasi aset dan pengembangan aplikasi perusahaan terbaik bernama dompet digital atau e-wallet ET Hybrid Blockchain.

EDC Android Dipakai untuk Memasarkan Produk

Menurutnya, bila dbandingkan dengan Blockchain 1.0 seperti Bitcoin Network serta Blockchain 2.0 seperti Ethereum, maka ET Hybrid memiliki tiga fitur canggih yang dikategorikan sebagai Blockchain 3.0.

Data Center Ini Ngakunya Paling Hemat Energi se-Jakarta

Fitur pertama adalah tersedia kontrak cerdas yang fleksibel dan disesuaikan atau kustom sesuai kebutuhan perusahaan. Di antaranya meliputi digitalisasi aset, manajemen keuangan, hingga perdagangan aset terdistribusi.

Fitur kedua, teknologi ET Hybrid memiliki sistem keamanan aset digital yang komprehensif. Tony mencontohkan, ET Hybrid dapat menyediakan fungsi multi-tanda tangan ke dompet digital.

Dengan demikian, sejumlah pengambil keputusan di perusahaan dapat secara bersama-sama mengelola aset digital. “Hal ini membuat kepemilikan aset digital menjadi milik perusahaan, bukan hanya individu,” kata Tony, di Jakarta.

Pemanfaatan teknologi digital dalam bisnis.

Bahkan, ia melanjutkan, teknologi ET Hybrid Blockchain juga menyediakan proses persetujuan perusahaan yang telah disesuaikan. Dengan begitu, dapat mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dan penipuan.

“Jika pemegang kunci pribadi tidak dapat melakukan tanggung jawabnya karena keadaan yang tidak terduga, sistem keamanan akan memberikan perlindungan dan mekanisme pemulihan untuk aset digital perusahaan,” ungkapnya.

Fitur ketiga, ET Hybrid ditampilkan dengan skalabilitas yang efektif. Berdasarkan arsitektur teknologi berbasis Hybrid Blockchain, teknologi ini memiliki kedua karakteristik Blockchain publik dan swasta.

Untuk area publik, menurut Tony, data dasar dapat ditransmisikan dan diproses secara aman dan transparan. Di area pribadi, data yang sensitif dan data finansial akan dilindungi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya