Logo ABC

Waspada, Jurnal Medis Bodong Mulai Banyak Beredar

Profesor Roger Byard dari University of Adelaide mengatakan jurnal tidak kredibel bisa menyulitkan persidangan
Profesor Roger Byard dari University of Adelaide mengatakan jurnal tidak kredibel bisa menyulitkan persidangan
Sumber :
  • abc

Sejumlah akademisi senior Australia telah mengeluarkan peringatan tentang munculnya "jurnal predator". Menurutnya jurnal seperti ini mengancam kredibilitas penelitian ilmiah dan medis yang sesungguhnya.

Jurnal Ilmiah yang Meragukan Akademisi senior Australia telah mengeluarkan peringatan soal meningkatnya pihak yang terbitkan jurnal meragukan. Butuh dana lebih dari Rp 8 juta untuk menerbitkan jurnal-jurnal tidak ditinjau oleh akademisi lain dan dimuat di situs yang tidak jelas

Jurnal-jurnal yang tersedia online menjadi sumber-sumber terpercaya, tapi membebankan biaya yang terlalu tinggi kepada sejumlah penulis akademis. Nilainya kadang mencapai $800, atau lebih dari Rp 8 juta bagi akademisi yang ingin menerbitkan makalah penelitian atau artikel.

Makalah-makalah ini juga tidak ditinjau oleh sesama akademis dan keberadaannya lemah dengan dimuat di situs-situs yang tidak terpercaya.

Profesor Robert Vink, pakar neurosains dari Health Sciences di University of South Australia mengatakan jumlah publikasi dari jurnal semacam ini semakin meningkat.

"Para ilmuwan memang perlu dididik tentang jurnal predator dan saya hanya berpikir keadaannya akan jauh lebih buruk kedepannya," katanya.

"Untuk peneliti di awal dan menengah karier mereka tidak paham bahwa penerbitan dalam jurnal ini benar-benar mendorong model bisnis untuk jurnal, bukan karier akademis mereka."