Logo ABC

Indonesia Tidak Berdaya Tekan Facebook Soal Kebocoran Data

kebocoran data FB Indonesia
kebocoran data FB Indonesia
Sumber :
  • abc

Pakar keamanan siber menilai pemerintah Indonesia sulit untuk bertindak tegas terhadap Facebook dalam kasus kebocoran data lebih dari satu juta pengguna aplikasi media sosial itu di tanah air. Hal ini dikarenakan Indonesia tidak memiliki daya tawar tinggi.

Selama dua hari berturut-turut aparat berwenang Indonesia meminta keterangan perwakilan Facebook Indonesia terkait kasus kebocoran data pengguna aplikasi media sosial milik Mark Zuckerberg tersebut.

Pada Hari Rabu (18/4/2018), perwakilan Facebook Indonesia memenuhi panggilan pemeriksaan oleh Kepolisian Indonesia.

Usai menjalani pemeriksaan selama lebih dari 5 jam di Direktorat Tindak Pidana Siber Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta Pusat, Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben hattari mengatakan kedatangan mereka bertujuan untuk berbagi informasi yang sejauh ini mereka ketahui mengenai kebocoran data tersebut.

“Intinya untuk sharing informasi yang kami tahu untuk saat ini mengenai Cambrige Analytica, pertanyaan yang diajukan hampir sama dengan di Komisi 1 DPR,” kata Ruben Hattari kepada pers di Jakarta.

Lebih lanjut ia mengatakan Facebook Indonesia saat ini masih melakukan pencarian data terkait kebocoran itu dan berjanji akan melakukan audit internal segera setelah data-data tersebut didapatkan meski tanpa merinci kapan penyelidikan itu selesai.

“Saat ini kami masih dalam proses pencarian data lebih lanjut. Dan kami akan terus bekerjasama dengan DPR Komisi 1 dan Depkominfo dan Bareskrim untuk memberikan data yang lebih rinci. Tapi soal waktu selesai, tepatnya saya tak bisa menjanjikan.” tegas Ruben Hattari.