Konten Dihapus Facebook, Ajukan Banding Bisa Lho

Logo Media Sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Facebook membawa wajah baru setelah dihantam badai skandal pembobolan data pengguna. Media sosial terpopuler sejagat itu mengumumkan perubahan panduan internal untuk menegakkan Standar Komunitas Facebook.

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Standar Komunitas Facebook merupakan pedoman atau batasan konten apa saja yang boleh dan dilarang tampil di media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Nah, dalam panduan internal baru itu, Facebook membuka ruang bagi pengguna untuk mengajukan banding, atas keputusan Facebook mencabut atau menghapus konten pengguna yang melanggar ketentuan Standar Komunitas tersebut.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Dikutip dari Newsroom Facebook, Selasa 24 April 2018, langkah Facebook memberikan ruang banding ini merupakan sebuah terobosan. 

"Untuk pertama kalinya kami memberi Anda hak untuk banding atas keputusan kami pada postingan Anda. Jadi Anda bisa menanyakan pendapat kedua saat Anda berpikir kami telah melakukan kesalahan," ujar Vice President Global Product Management Facebook, Monika Bickert. 

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Dia menuliskan, Facebook berkomitmen untuk membuka luas mekanisme banding Facebook. Untuk tahap awal, Bickert menjelaskan, Facebook meluncurkan sistem banding untuk postingan berbau aktivitas seksual dan ketelanjangan, ujaran kebencian maupun kekerasan grafis yang dihapus Facebook. 

"Kami berupaya memperluas proses ini lebih lanjut, dengan mendukung lebih banyak jenis pelanggaran," kata dia. 

Sistem banding Facebook ini bekerja dalam empat tahapan, yang salah satunya memberikan kesempatan bagi pengguna untuk banding atas keputusan Facebook. 

Berikut rinci sistem banding Facebook: 

1. Jika foto, video atau postingan pengguna telah dihapus Facebook karena melanggar ketentuan Standar Komunitas, maka pengguna Anda diberikan notifikasi. 

2. Notifikasi yang muncul ke pengguna, berupa dua opsi. Pertama, opsi permintaan untuk mengulas kembali keputusan tersebut. Dan opsi menyembunyikan postingan tersebut. Opsi ini mewakili sistem banding, pengguna diberikan kesempatan untuk mempertahankan kontennya.

3. Dalam hal pengguna memilih opsi ulasan lanjut, maka Facebook akan mengulas kembali kenapa Facebook memutuskan menghapus konten yang dimaksud. Ulasan ini dilakukan tim internal Facebook yang melibatkan ulasan orang per orang bukan mesin. Ulasan diberikan waktu dalam 24 jam hasilnya keluar. 

4. Dalam hal ditemukan Facebook melakukan kesalahan penindakan konten pengguna, media sosial ini akan mengirimkan notifikasi ke pengguna, dan postingan, foto maupun video pengguna bakal dipulihkan kembali. 

Contoh pengajuan banding konten yang dihapus Facebook

Bickert menjelaskan, dengan sistem banding tersebut, pengguna akan mendapat ruang membela diri dan sebaliknya bagi Facebook, sistem ini memungkinkan media sosial raksasa itu bisa mengambil keputusan yang tepat. 

"Pengajuan banding ini tak hanya untuk konten yang dihapus, tapi juga untuk konten yang dilaporkan," kata dia. 

Facebook meyakini, dengan memberikan pengguna ruang bersuara dalam proses ini merupakan komponen penting untuk membangun sistem yang adil.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya