Ingin Terhindar dari Depresi, Mudah dan Simpel Kok

ilustrasi orangtua dan anak olahraga.
Sumber :
  • pixabay/ skezee

VIVA – Sebuah penelitian menyebutkan bahwa melakukan aktivitas fisik seperti olahraga secara rutin mampu membuat seseorang menjauh dari depresi, berapa pun umurnya.

5 Manfaat Main Basket Bagi Tubuh dan Mental

Penelitian ini berasal dari King's College London, Inggris, yang menganalisis 49 data studi dari 266.939 orang.

Hasil analisis data itu menunjukkan orang yang secara teratur melakukan aktivitas fisik seperti olahraga memiliki peluang lebih rendah mengalami depresi, dibandingkan yang sedikit atau tidak sama sekali melakukan aktivitas fisik.

5 Manfaat Olahraga untuk Atasi Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat

Hasil tersebut juga menunjukkan untuk semua kasus manfaat analisis fisik pada semua umur.

"Kami menemukan aktivitas fisik yang dilakukan memproteksi dari depresi di masa depan. Ada anak-anak, orang dewasa dan manula. Di semua wilayah dan setelah memperhitungkan faktor penting seperti indeks masa tubuh, merokok, dan kondisi kesehatan fisik," kata Kata Tim Peneliti Brendon Stubbs, dilansir situs Mirror, Rabu, 25 April 2018.

Olahraga Cricket Mulai Digemari, Ini Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Ia juga menambahkan, selain jauh dari depresi, banyak manfaat lain dari aktvitas fisik. Dengan begitu, Brendon menekankan untuk memprioritaskan dan memperbanyak aktivitas fisik sepanjang hidup.

Setelah menemukan hasil ini maka para peneliti menginginkan untuk meneliti lebih dalam mengenai efek dari berbagai jenis aktivitas dan besaran 'dosis' dari risiko depresi.

"Tantangan ke depan adalah untuk memastikan bukti luar biasa ini mampu menjadi perubahan peraturan yang mengubah lingkungan dan peluang untuk membantu semua orang, termasuk anggota paling rentan di masyarakat, terlibat dalam aktivitas fisik," jelas Brendon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya