6 Fitur Anyar pada Wajah Baru Gmail

Gmail.
Sumber :
  • www.pixabay.com/gabrielle_cc

VIVA – Gmail resmi menampilkan wajah dan tampilan baru Gmail per 25 April 2018. Pada tampilan baru ini, Gmail pada web seperti tampilan pada Gmail pada aplikasi

Mulai Perjalanan Skincare dengan Retinol: Tips Essensial untuk Pemula

Meski Gmail resmi dirilis dengan wajah baru, pengguna mesti bersabar. Sebab tak semua 1,4 miliar akun Gmail tidak otomatis berubah dengan wajah dan tampilan baru. 

Google mengakui, Gmail dengan wajah baru ini lebih mendukung untuk pengguna bisnis. Namun 
Lead Product Manager Gmail, Jacob Bank mengatakan, wajah dan tampilan baru Gmail ini untuk membuat pengguna semakin aman dan lebih produktif. 

Eca Aura Bikin Pangling Tampil Pakai Hijab, Mirip Banget Sama Nissa Sabyan

Dilansir The Verge, Kamis 26 April 2018, berikut ini beberapa fitur tambahan Gmail:

Confidential Mode

Desain TWS Ini Unik

Fitur ini membuat pengirim bisa mengatur tanggal deadline dari email sensitif atau membatalkan penerimaannya. Pengguna tinggal mengirim tautan ke konten yang ada di kotak suara secara langsung. Penerima email bisa mengaksesnya lewat akun Gmail atau jika menggunakan layanan email lain lewat https. Melalui layanan ini, pengirim akan mengatur berapa lama pihak penerima dapat mengakses pesan tersebut.

Integrated Rights Management (IRM)

Fitur ini membuat pengguna bisa memblokir, menyalin, mengunduh, atau mencetak pesan tertentu. Namun tidak akan mencegah ekstra data dari email tersebut. Google membuat fitur ini untuk orang secara tidak sengaja dan tanpa sengaja membagikan informasi dalam email pada orang yang salah. 

Two Factor Authentication

Pengirim dapat meminta penerima untuk melakukan autentikasi dengan kode sandi yang diterima melalui pesan teks sebelum bisa membuka email. 

Email Snoozing

Fitur ini berfungsi untuk mengarsipkan, menghapus, menandai setelah dibaca atau menunda untuk nanti dibaca. Fitur ini akan ada di tampilan web, dan membuatnya mirip seperti tampilan Gmail pada aplikasi. Selain itu, desain ulang Gmail ini membuat pengguna bisa masuk ke lampiran langsung dari inbox tanpa harus membuka email yang diterima. 

Smart Reply

Fitur ini sebelumnya sudah di aplikasi dan sekarang akan ada di tampilan web. Gmail akan melihat pesan mana yang membutuhkan perhatian penggunanya. Nantinya akan dikirimkan tanda siapa yang mengirim email dan apakah memiliki konten tertentu di dalamnya.

Side Panel

Di pojok kanan atas akan ada pilihan untuk aplikasi Google lainnya, yaitu Google Calendar, Google Keep, dan aplikasi baru Google Task. Salah satu sumber juga menyatakan aplikasi mobile Google Task akan dirilis juga di iOS dan Android. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya