Puas Jawaban Facebook, Kominfo Tunggu Hasil Audit

Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Kementerian Komunikasi dan Informatika puas dengan balasan surat Facebook yang dikirimkan Rabu 25 April 2018. Salah satu yang dibahas Facebook mengenai pemutusan aplikasi sejenis dengan model kuis yang dikembangkan Cambridge Analytica yakni CubeYou dan Aggregate IQ.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Cukup memadai jawabannya dan kita masih menunggu hasil auditnya," ujar Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan di Jakarta, Senin 30 April 2018. 

Saat ini pemerintah Inggris masih mengaudit Facebook dalam kasus keterlibatan platform itu pada penambangan data pengguna di Cambridge Analytica. Media sosial itu berdalih belum bisa menjalankan audit lantaran menunggu selesainya audit dari pemerintah Inggris. Semuel tak tahu sampai kapan audit tersebut akan selesai. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

"Belum tahu, dan kita juga masih menunggu," ujarnya menambahkan. 

Menurutnya, dengan mengetahui hasil audit, Kementerian Kominfo bisa mengetahui apakah ada pelanggaran dari skandal bocornya 1 juta lebih data pelanggan di Indonesia. Ia menuturkan, jika nanti hasilnya sudah ada dan mengetahui adanya pelanggaran, Kominfo baru akan mengambil langkah. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

"Auditnya yang belum kita dapatkan, dari situ kita tahu ada pelanggaran atau tidaknya," tuturnya. 

Pada Rabu 25 April 2018, selain menutup dua aplikasi pihak ketiga, Facebook juga masih dalam tahap audit internal. Facebook menjanjikan semua perkembangan akan diinformasikan langsung pada pemerintah Indonesia. (mus)

Perlindungan data pribadi.

Menerapkan Perlindungan Data Pribadi Bukan Tugas yang Mudah

Menerapkan perlindungan data pribadi bukan tugas yang mudah. Diperlukan banyak faktor untuk mengaktifkannya.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024